Sukses

Menyiasati Keterbatasan Ruang dengan Area Mezzanine

Liputan6.com, Jakarta Desain hunian mezzanine mungkin masih terdengar awam untuk sebagian orang. Padahal belakangan desain ini mulai banyak diterapkan pada hunian. Area mezzanine pada hunian terletak di antara langit-langit rumah dan lantai di bawahnya, persis seperti area yang menggantung.

(Simak juga: Tips Dekorasi Apartemen untuk Cewek Single)

Umumnya area ini dibuat untuk mendapatkan space lebih tanpa harus membangun lantai baru. Cocok banget, nih, untuk hunian yang memiliki desain langit-langit tinggi.

Area mezzanine sendiri memiliki banyak fungsi. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat desain lantai mezzanine, cek lima manfaat lantai mezzanine dari Rumah.com berikut.

1. Kamar tidur

Sementara ruang pada lantai bawah hunian dapat digunakan untuk ruang keluarga, area makan, dan dapur.

Ya, jika Anda memiliki rumah dengan luas terbatas atau tinggal di apartemen, Anda dapat menambahkan lantai mezzanine sebagai kamar tidur. Hal ini akan membantu dalam menghemat ruang.

Sementara ruang pada lantai bawah hunian dapat digunakan untuk ruang keluarga, area makan, dan dapur. Dijamin hunian Anda akan terlihat lebih lega dan catchy.

Catatan: Gunakan furnitur, seperti ranjang tidur, lemari, atau kursi yang sesuai dengan luas area mezzanine sehingga membentuk komposisi ideal. Dan tidak terlalu sumpek.

2. Ruang baca atau perpustakaan

Jika hunian terbatas, Anda dapat merancang mezzanine dengan bentuk memanjang. Gunakan rak dinding tempel bergaya minimalis untuk penyimpanan buku.

Bagi Anda yang gemar membaca, keinginan memiliki ruang baca bisa Anda wujudkan dengan memanfaatkan lantai mezzanine. Jika hunian terbatas, Anda dapat merancang mezzanine dengan bentuk memanjang. Gunakan rak dinding tempel bergaya minimalis untuk penyimpanan buku.

Anda dapat menambahkan alas karpet, cushion, dan sofa satu kursi. Penting diperhatikan, untuk ruang baca di lantai mezzanine sebaiknya diberi penerangan tambahan. Tujuannya untuk memfasilitasi Anda tetap nyaman membaca saat lampu utama dalam ruang dimatikan.

3. Ruang bekerja atau studio

Mendirikan ruang bekerja/studio di lantai mezzanine akan memberikan privasi tersendiri yang tak mudah digangu karena berada di satu area terpisah.

Anda mungkin seorang workaholic atau memiliki hobi tertentu? Anda juga dapat manfaatkan lantai mezzanine untuk ruang bekerja. Tambahkan set meja kerja dan kelengkapan kerja lain, seperti laptop. Ciptakan suasana nyaman yang dapat mendorong semangat bekerja.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah dua lantai dengan harga di bawah Rp1 miliar)

Bagi Anda yang memiliki hobi khusus, seperti melukis, membatik, atau menjahit bisa juga memanfaatkan lantai mezzanine sebagai studio kerja. Mendirikan ruang bekerja/studio di lantai mezzanine akan memberikan privasi tersendiri yang tak mudah digangu karena berada di satu area terpisah.

4. Ruang bersantai

Anda juga dapat menambahkan satu set sofa atau sofa bed, televisi besar, video game, karpet dan beberapa bantalan yang nyaman.

Anda dapat membangun ruang bersantai untuk sekadar bermalas-malasan, menonton televisi, atau bermain game di lantai mezzanine. Dengan begitu aktivitas Anda tidak akan mengganggu aktivitas penghuni lain di area utama.

Anda juga dapat menambahkan satu set sofa atau sofa bed, televisi besar, video game, karpet dan beberapa bantalan yang nyaman. Voila! Jadilah tempat paling nyaman di hunian Anda.

5. Wardrobe

Terpenting, pastikan kamar tidur memiliki plafon yang tinggi sehingga ruang tidak terlihat sumpek dan penuh.

Kamar Anda mungkin terlalu kecil untuk menyimpan koleksi pakaian dan sepatu. Sementara membuat ruang untuk wardrobe tak lagi memungkinkan. Anda dapat memanfaatkan lantai mezzanine dalam kamar sebagai area penyimpanan pakaian terbuka.

Ini akan menghemat tempat sekaligus menambah estetika kamar Anda. Terpenting, pastikan kamar tidur memiliki plafon yang tinggi sehingga ruang tidak terlihat sumpek dan penuh. Jangan lupa untuk menyamakan tema dengan konsep ruang.

Catatan:

Jika Anda berencana membangun lantai mezzanine pada hunian, pastikan Anda memperhatikan tiga hal berikut:

  1. Jarak antara lantai dan langit-langit. Hunian yang memiliki ruang dengan langit-langit tinggi akan lebih cocok untuk menerapkan konsep lantai mezzanine. Jika langit-langit pendek area mezzanine akan terlihat ’ganggu’ dan justru membuat sempit hunian Anda.
  2. Gunakan bahan beton untuk membuat mezzanine dalam hunian. Bahan beton kokoh dan kuat sehingga aman utnuk membangun lantai mezzanine.
  3. Sirkulasi udara. Untuk menjaga sirkulasi udara tetap baik dan sejuk, hindari menyimpan terlalu banyak perabot di mezzanine karena akan menciptakan debu yang menghambat sirkulasi udara dalam ruang.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ketahui Feng Shui Apartemen Anda
Artikel Selanjutnya
Meikarta, Apartemen Sekaligus Tempat Rekreasi