Sukses

Tips Bikin Ruang Keluarga Rumah Tipe 45 Terasa Lega

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang rumah dengan luas minimalis tak bisa senyaman rumah mewah? Kubur anggapan itu dalam-dalam. Hunian yang nyaman bukan perkara besar atau kecil luasnya, tetapi soal menata interior di dalamnya.

Bagi Anda yang memiliki rumah tipe 45 (luas bangunan 45m2), area terpenting untuk digarap yaitu ruang keluarga. Dengan mendekorasi ruang keluarga secara tepat, rumah Anda dijamin akan terasa nyaman dan lega. Bakal betah, deh, berlama, lama di rumah.

Pilih gaya minimalis

Sebelum masuk ke bagian penataan ruang, tentukan dahulu desain rumah yang akan digunakan. Untuk tipe 45 desain gaya minimalis cenderung cocok untuk diterapkan. Pasalnya tipe 45 memiliki luas yang tanggung, tak terlalu besar atau kecil.

Selain itu, jika tujuan Anda mencari desain yang simple dan membuat nyaman, desain gaya minimalislah yang paling cocok karena tidak memerlukan banyak unsur dekoratif. Hanya barang-barang tertentu yang memang dibutuhkan, serta beberapa dekorasi simpel. 

Pilih Sofa yang Tepat

Langkah selanjutnya, pilih sofa dengan ukuran yang tepat. Penting untuk mengukur panjang sofa sebelum membeli. Dengan ukuran ruang yang terbatas, sofa yang terlalu besar akan merusak tampilan.

Pilih sofa yang ukurannya benar-benar fit in dengan ruang keluarga Anda. Setelah itu tempatkan sofa menempel pada dinding ruang untuk menghemat ruang.

Hiasan Sederhana

Hias ruang keluarga dengan unsur dekoratif simpel, misalnya memajang 1-2 lukisan ukuran sedang, atau foto dengan figura minimalis.

Jangan bermain terlalu banyak member hiasan pada ruang keluarga tipe 45, karena akan menghilangkan ilusi luas ruangan tersebut. Untuk suasana berbeda Anda dapat menambahkan satu pot tanaman hijau di pojok ruang. Tampilan ruang keluarga akan segar.

Tirai panjang

Jika terdapat jendela di ruang keluarga Anda, tutup menggunakan tirai model panjang hingga menyentuh lantai. Tirai ini berfungsi untuk memunculkan ilusi plafon yang tinggi dan ruang yang luas. Selain itu penggunaan tirai panjang terlihat lebih elegan. Gunakan tirai berwarna polos. Sesuaikan warna tirai dengan tema ruang keluarga. Tampilan ruang keluarga akan semakin ciamik!

(Simak juga: 4 Jenis Sofa yang Cocok Buat Rumah Minimalis)

Rak minimalis

Sebagai tempat penyimpanan, Anda dapat menambahkan rak-rak berdesain minimalis yang kental dengan garis-garis tegak dan simpel. Anda dapat menggunakan rak tempel atau rak biasa. Pastikan ukuran rak tidak terlalu besar. Anda dapat memilih warna-warna seperti putih atau pastel untuk membuat tampilan ruang lebih luas dan lega.

Penerangan

Ruang yang tak terlalu luas wajib memiliki penerangan yang mencukupi.  Penerangan ini bisa didapat dari lampu atau cahaya matahari langsung akan lebih baik. Jika ruang keluarga tidak memiliki ventilasi, Anda dapat menerapkan penggunaan tiga lampu dari sudut berbeda.

Penerangan tiga lampu akan menciptakan cahaya yang baik dan nyaman untuk Anda, terutama saat malam hari. Sementara jika ruang keluarga mendapat cahaya matahari yang baik akan jauh lebih baik.

Intinya, ruang keluarga harus memiliki penerangan yang mencukupi karena berfungsi untuk menyempurnakan tampilan ruang, membuat ruang lebih hidup,dan  nyaman untuk dihuni.

Tertarik memiliki rumah minimalis satu lantai? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp300 jutaan!

Sumber: Rumah.com

Foto: ruangtamu.net

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Aneka Pilihan Dekorasi Sesuai Zodiak (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!