Sukses

Mau Punya Taman yang Indah Tapi Hemat Biaya? Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki area taman di bagian belakang atau depan rumah bisa jadi menguntungkan atau malah merugikan. Jika Anda merawatnya dengan baik, area taman bisa mempercantik tampilan rumah Anda sekaligus bisa bikin betah di rumah.

(Baca juga: Tips Menata Taman di Apartemen)

Sebaliknya, jika tidak terawat maka bisa menjadi tempat bersarangnya para hewan yang berbahaya. Apalagi membuat dan merawat taman juga tak harus mahal. Simak langkah hemat ala Rumah.com yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Menggunting Rumput dengan Membentuknya

Ikatkan rumput dalam bentuk yang diinginkan menggunakan kawat. Gunting rumput-rumput yang menjuntai keluar menggunakan gunting kebun.

Salah satu cara termurah dan termudah untuk mentransformasi area taman Anda di rumah adalah dengan menggunting rumput dengan cara membentuknya. Pilih bentuk sederhana seperti lingkaran, oval, atau bujur sangkar.

Caranya, ikatkan rumput dalam bentuk yang diinginkan menggunakan kawat. Gunting rumput-rumput yang menjuntai keluar menggunakan gunting kebun.

2. Menanam Tanaman Perrenial

6 pot tanaman geranium akan cukup untuk memenuhi area taman ukuran standar selama beberapa tahun ke depan.

Cara lain dengan biaya hemat untuk mempercantik taman adalah membeli beberapa jenis tumbuhan perennial yang bisa berbunga dan hidup terus menerus selama beberapa tahun. Tanaman yang sering digunakan untuk kebun adalah Astrantia dan Geranium.

Saat membeli, keluarkan dari pot dan belah hingga 2 atau 3 cabang kemudian tanam di tanah area taman. 6 pot tanaman geranium akan cukup untuk memenuhi area taman ukuran standar selama beberapa tahun ke depan.

3. Tanam Pohon

Dengan mempertimbangkan ukuran dan umur berkembangnya, menanam pohon merupakan salah satu cara yang cukup hemat untuk membuat perubahan tampilan sebuah taman.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan dengan fasilitas taman mulai dari Rp300 jutaan)

Anda bisa mencoba menanam pohon yang tidak terlalu tinggi seperti pohon cherry. Untuk ukuran taman yang standard, cukup beli 3 jenis pohon untuk ditanam.

4. Gunakan Kerikil pada Jalan Setapak

Sebelum diberikan kerikil, berikan alas berupa lapisan membran untuk mencegah gulma atau rumput yang tumbuh di antara kerikil-kerikil tersebut.

Ketika membuat jalan setapak di dalam atau menuju taman, gunakan kerikil agar jauh lebih hemat dibandingkan mengaspal atau mencor jalanan. Cara menggunakan kerikil agar terlihat teratur, buat tanda terlebih dahulu di area yang akan dibuat jalan setapak. Setelah itu, kikis rumput dan ratakan tanah.

Sebelum diberikan kerikil, berikan alas berupa lapisan membran untuk mencegah gulma atau rumput yang tumbuh di antara kerikil-kerikil tersebut. Buat lapisan setidaknya 2,5 cm. Pilih kerikil dengan warna pucat agar terlihat kontras dengan warna tumbuhan dan rumput.

5. Hiasi dengan Lampu

Salah satu cara yang murah dan sederhana untuk membuat tampilan taman menjadi lebih cantik adalah dengan menggantungkan lampu-lampu.

Lampu – lampu kecil yang biasanya digunakan di pohon natal bisa dibeli di banyak tempat. Salah satu cara yang murah dan sederhana untuk membuat tampilan taman menjadi lebih cantik adalah dengan menggantungkan lampu-lampu ini.

Anda bisa atur pemasangan dengan memasangnya dari satu cabang pohon ke pohon lain atau pagar. Atur kabel untuk menyalakannya dari dalam rumah.

6. Buat Kolam Kecil di Tengah Taman

Membuat kolam ikan kecil di tengah kebun bisa memberikan kesan suasana yang rileks dan nyaman. Anda sebenarnya bisa membuat sendiri, namun jika kesulitan panggil tenaga ahli untuk membantu.

 

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Tips Atur Duit untuk Suami Istri yang Bekerja
Artikel Selanjutnya
10 Teknologi Ini Diciptakan Untuk si Pemalas, Kamu Punya?