Sukses

Tepat Gunakan Cat, Bikin Rumah Selalu Tampak Baru

Liputan6.com, Jakarta Memilih cat kayu dan besi yang tepat bisa menjaga keindahan dan kekuatan dari elemen rumah yang terbuat dari kedua bahan tersebut. Namun, dari begitu banyak produk cat kayu dan besi yang ada di pasaran, semuanya mengklaim yang terbaik. Lalu bagaimana memilih yang tepat, ya?

Elemen kayu dan besi di rumah biasanya hadir dalam bentuk furnitur, seperti kursi, meja, dan lemari. Kusen seperti pintu, dan jendela, serta pagar.

Elemen kayu dan besi menjadi fitur dekorasi utama pada banyak hunian di Indonesia saat ini, yang mengadopsi gaya minimalis-modern. Sayangnya, jika ditangani dengan salah, elemen ini mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

Elemen kayu, misalkan, akan mudah lapuk akibat suhu ruangan atau rapuh karena serangan rayap. Sementara ancaman terhadap elemen besi biasanya berupa karat yang jika dibiarkan bisa mengurangi ketahanan dari besi itu sendiri. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, salah satunya adalah dengan memilih produk cat kayu dan besi yang tepat.

Cat memiliki fungsi sebagai bahan pelapis sekaligus memberikan sentuhan keindahan lewat warna yang dihadirkan. Untuk cat kayu dan besi, biasanya ada dua jenis warna. Yaitu warna solid yang fungsinya untuk menutup seluruh permukaan dan warna transparan yang seringkali digunakan untuk mempercantik produk namun tetap memunculkan keindahan dari lapisan dasar produk tersebut. Misal, untuk menguatkan guratan serat pada kayu.

Produk cat kayu dan besi berkualitas tinggi memiliki daya tutup maksimal, tidak mudah mengelupas, mudah dicuci, tahan terhadap air laut, mengkilap,  dan terbuat dari bahan alkyd. Selain itu, untuk penggunaan outdoor, cat kayu dan besi terbaik harus mampu memiliki sifat melindungi terhadap cuaca, karat, jamur dan rayap.

Dan yang terpenting adalah sifatnya yang mudah kering sehingga debu tidak mudah menempel saat diaplikasikan baik untuk interior maupun eksterior. Cat kayu dan besi berkualitas tinggi memiliki kadar kepadatan warna 40-70% (tergantung jenis warna). Sementara ketebalan setelah kering sekitar 30-40 micron.

Aplikasi yang Tepat

Aplikasi yang salah bisa mengurangi kualitas dari cat itu sendiri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu juga mengetahui bagaimana penggunaan cat kayu dan besi. Karena aplikasi yang salah bisa mengurangi kualitas dari cat itu sendiri.

 

Berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda lakukan untuk penggunaan cat kayu dan besi.

 

Persiapan Permukaan

Permukaan yang ingin dicat harus bersih dari segala bentuk kotoran dari cat itu sendiri.
  • Pastikan permukaan yang ingin Anda lapisi sudah bersih dari debu, kotoran, minyak dan cat sebelumnya yang terkelupas.
  • Lakukan perbaikan pada permukaan yang rusak dengan amplas hingga rata dan bersihkan.

Untuk lapisan kayu:

  • Gunakan pelapis anti rayap.
  • Tutup lubang bekas paku atau retakan dengan wood filler atau pelapis khusus.
  • Bila perlu, gunakan terlebih dulu cat pelapis dasar putih untuk menutup pori-pori kayu supaya permukaan lebih halus. Lakukan pelapisan cat utama.

Untuk lapisan besi:

  • Pastikan permukaan bersih dari karat. Anda bisa gunakan bahan kimia khusus.
  • Lanjutkan dengan pemberian lapisan antikarat.
  • Lakukan pengecatan dan cat utama.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, lakukan pengecatan sebanyak dua lapis.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Aneka Pilihan Dekorasi Sesuai Zodiak (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!