Sukses

5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta Tikus sering kali menjadi tamu tak diundang di rumah kita. Salah satu hewan pengganggu ini mudah ditemukan di setiap sudut perumahan, terutama jenis tikus got.

Kehadirannya tak hanya mengganggu, tapi juga membahayakan kesehatan penghuni rumah. Pasalnya tikus got diklaim dapat membawa penyakit tipes. Karena itu, jaga rumah Anda agar si tikus tidak sampai masuk ke dalam. Beberapa cara dari Rumah.com ini bisa menjadi solusi agar makhluk kecil ini tak suka mampir di rumah Anda.

Racun dan Jebakan

Cara paling mudah adalah dengan menebar racun dan jebakan tikus di sudut-sudut rumah Anda. Letakkan racun dan jebakan tikus di area yang sering dilalui tikus. Jangan sembarangan, ya, apalagi jika Anda memiliki hewan peliharaaan.

Pancing tikus dengan makanan kesukaannya agar ia mau menunjukan diri. Untuk penggunaan racun tikus diperlukan pengawasan khusus, karena cukup berbahaya bagi lingkungan. Anda juga dapat menerbar lem tikus di beberapa bagian rumah.

Gunakan bunyian

Tikus tidak suka berada di tempat yang ramai dan penuh suara. Karena itu, Anda dapat menggunakan mainan yang mengeluarkan suara guna menakut-nakuti tikus. Tempatkan mainan di dekat area yang sering dijadikan akses keluar-masuk oleh tikus menuju rumah Anda.

Anda juga dapt menggunakan bunyi-bunyian alami, yaitu menggunakan jangkrik. Suara jangkrik yang beraduan akan mengganggu tikus dan membuatnya tak berani mendekat. Selain ampuh, menggunakan jangkrik juga lebih hemat karena tidak membutuhkan listrik ataupun baterai.

Gunakan bebauan

Selain bunyi-bunyian, tikus juga tidak menyukai bebauan. Beberapa bebauan yang tidak disukaI tikus, di antaranya bau kapur barus, buah mengkudu, kulit durian, dan minyak mint.

Anda bisa menebarkan benda-benda tersebut di sudut-sudut ruang dalam rumah dan dekat akses masuk tikus ke dalam rumah.

Berburu tikus

Kalau ingin sekaligus berolahraga, boleh mencoba berburu tikus di sekitar rumah. Anggap saja ini sebagai peringatan untuk kelompok tikus agar tidak mendekati rumah Anda.

Gunakan campuran, cabai, deterjen, dan air untuk berburu. Taruh campuran cairan tersebut pada botol spray. Ketika tikus muncul tinggal semprotkan ke arahnya. Hati-hati dalam penggunaannya, ya. Jauhkan dari anak kecil dan kontak mata.

Simpan makanan

Tikus adalah binatang yang suka mencuri makanan. Hindari menaruh makanan sembarangan. Taruh sisa makanan di dalam kulkas atau lemari tertutup. Untuk makanan-makanan kering sebaiknya simpan di wadah kedap udara seperti stoples. Segera bersihkan jika ada sisa-sisa makanan di dapur, meja makan, atau lantai rumah Anda sehingga rumah selalu bersih.

(Simak juga: Waspada, Tikus Juga Bisa Bersarang di Kap Mobil)

Bersihkan rumah

Pada dasarnya tikus menyukai tempat yang kotor. Kalau tikus datang ke rumah Anda, bisa jadi karena dia menganggap rumah Anda nggak bersih. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah, baik di area dalam maupun luar.

Perhatikan juga area dapur. Jangan biarkan sampah menumpuk di tempat sampah. Biasakan untuk membuang sampah ke tong sampah di luar rumah jika sudah penuh. Sampah yang menumpuk dapat menimbulkan bau tidak sedap yang disukai tikus.

Tikus muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!
Artikel Selanjutnya
Bikin Bangun Pagi Anda Lebih Bahagia dengan 5 Hal Ini