Sukses

Trik Cerdik Simpan Barang yang Menumpuk di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Bingung rasanya saat harus menyimpan barang-barang yang kian menumpuk di rumah. Apalagi jika rumah kita tak seluas rumah mewah. Tak jarang pada akhirnya brang yang berserakan hanya ditumpuk di satu tempat dan membuat tampilan rumah jadi kurang sedap dipandang.

Selain berantakan, menumpuk barang juga membuat rumah terlihat sempit.  Untuk menyiasatinya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut dari Rumah.com.

Memaksimalkan Sudut Sempit

Jelilah dalam melihat ruang kosong. Jika terdapat sudut atau ruang sepit di dalam hunian Anda, jangan biarkan sudut tersebut kosong. Manfaatkan untuk area penyimpanan seperti rak buku, frame foto, atau piagam-piagam.

Jangan biarkan ruang sekecil apapun tak terpakai.

Memaksimalkan Ruang Kosong Menjadi Rak Buku

Anda memiliki sisi dinding yang kosong di rumah? Jangan sia-siakan. Langsung ubah dinding menjadi rak built-in yang bersandar pada dinding dan dapat menampung banyak barang dan buku. Memasang rak buku built-in akan mengemat tempat.

Buku lebih rapi jika diletakkan di rak gantung.

Memaksimalkan Ruangan di Bawah Tangga

Area bawah tangga pada hunian sering kali dibiarkan kosong tanpa fungsi. Padahal area ini berpotensi menjadi tempat penyimpanan terbaik karena memiliki luas yang cukup besar untuk menampung banyak barang.

Agar tampilannya lebih cantik, Anda dapat membuatkan kabinet built-in yang disesuaikan dengan bentuk ruang di bawah tangga. Ini sudah menjadi solusi yang populer sejak dulu.

Ruang bawah tangga juga tak luput dimanfaatkan.

Memaksimalkan Dinding untuk Televisi

Guna menghemat ruang, dibanding harus membeli rak lagi, lebih baik memanfaatkan dinding kosong untuk memasang televisi di sebuah ruang. Praktis dan mudah.

Ruang jadi terlihat lebih rapi, luas, dan lapang. Selain menghemat ruang, tentu saja cara ini memotong bujet pembelian rak.

Televisi yang semakin tipis membuatnya lebih hemat ruang. Ia bahkan bisa ditempel di dinding.

(Simak juga: Inspirasi Meja Minimalis untuk Ruang Sempit)

Tempat tidur Plus Ruang Penyimpanan

Saat ini sudah banyak dijual tempat tidur dengan model multifungsi, yakni memiliki laci penyimpanan di bagian bawah kanan dan kirinya, atau memiliki bagian kasur yang dapat diangkat. Tak hanya berfungsi sebagai tempat tidur, tetapi juga sebagai tempat penyimpanan barang, seperti pakaian, sepatu, aksesori, majalah dan sebagainya.

Jika tempat tidur Anda saat ini masih konvensional, Anda dapat meminta bantuan tukang kayu ahli untuk ditambahkan ruang penyimpanan di bagian bawah tempat tidur.

Desainer furnitur saat ini sudah banyak mengaplikasikan konsep multifungsi untuk tempat tidur.

Memilih Kursi Multifungsi

Sama dengan tempat tidur, saat ini sudah banyak pula dijual kursi multifungsi. Umumnya berbentuk kursi biasa, namun bagian bantalan kursi dapat dibuka dan menyisakan ruang kosong untuk menaruh barang. Tak hanya kursi, sofa besar pun saat ini sudah didesain multifungsi.

Bagian bawah kursi bisa dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan.

Dengan trik yang tepat, rumah mungil pun bisa terasa nyaman. Tertarik mencari rumah mungil dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Lihat pilihannya di sini!

Foto: ikea.com, homedit.com, avarfurnitur.co.uk

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika