Sukses

Badan Tak Kunjung Langsing? Periksa Rumah Anda!

Liputan6.com, Jakarta Jika pekerjaan menuntut Anda untuk jarang bergerakā€”karena biasanya waktu kerja dihabiskan untuk menatap layar komputer di depan meja, meeting, atau bertemu dengan klienā€”rumah seharusnya menjadi lokasi ideal untuk menambah aktivitas fisik.

Masalahnya begitu tiba di rumah, keinginan duduk santai atau leyeh-leyeh jauh lebih besar. Jika setiap hari seperti ini, jangan heran jika jarum timbangan selalu bergerak ke kanan setiap kali Anda menimbang.

Masalahnya, sumber kemalasan Anda untuk bergerak bisa jadi disebabkan oleh kondisi rumah. Coba cek kondisi berikut, apakah terjadi di rumah Anda.

Minim penerangan

Mendapatkan suasana rumah yang temaram memang memudahkan Anda untuk beristirahat. Tapi, akibatnya Anda tergoda untuk tiduran di sofa atau segera membaringkan diri tanpa melakukan kegiatan fisik lainnya.

Saat Anda pulang tak terlalu larut malam, cobalah menyalakan lampu yang cukup terang dan nyalakan musik yang up beat serta mengundang Anda untuk bergerak. Berjoget 15 menit akan membantu Anda tidur lebih nyenyak nantinya.

Menimbun camilan

Tak lama setelah gajian, Anda pasti menghabiskan waktu di supermarket untuk (bukan cuma) belanja kebutuhan bulanan tapi juga camilan. Melihat camilan terhidang di meja atau dapur, Anda pun akan tergoda untuk menyantapnya setiap hariā€”termasuk mi instan kemasan yang kadang susah ditolak.

Gantilah camilan Anda dengan camilan sehat dan rendah kalori, misalnya buah segar atau buah-buahan kering organik.

Terlalu dekat dengan gerbang kompleks

Kalau yang ini, sih, memang sengaja Anda prioritaskan karena letaknya strategis. Tapi, rumah di bagian depan membuat Anda lebih jarang bergerakā€”apalagi jika Anda terbiasa menggunakan ojek online dan minta diturunkan di depan rumah.

Sesekali, jika Anda menggunakan kendaraan umum, turunlah 500 meter lebih jauh dari rumah agar Anda bisa berjalan kaki. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, parkirlah yang agak jauh dari kantor Anda.

(Simak juga: Alat Olahraga Murah Meriah untuk di Rumah)

Mengisi rumah dengan banyak perabotan

Saat mengisi rumah Anda dengan perabotan, pastikan ruangan Anda masih cukup lapang untuk dilewati. Rumah yang terlalu sesak dan sempit akibat kebanyakan barang membuat Anda susah bergerak dan akibatnya malas untuk bergerak lebih aktif. Sesuaikan besarnya perabotan dengan luas rumah Anda.

Kemudahan bergerak di rumah juga akan mendorong Anda untuk melakukan olahraga ringan di rumah seperti 7 minutes workout yang bisa Anda tiru di YouTube.

Meletakkan sofa di depan TV

Ini memang paling enak tapi efeknya Anda jadi malas beranjak. Untuk sementaraā€”hingga berat badan Anda proporsional, jauhkan sofa dari TV. Sebaliknya gunakan kursi yang mengharuskan Anda duduk tegak di depan TV.

Jenis kursi seperti ini justru akan menjaga postur tubuh Anda sekaligus mencegah Anda untuk bersantai lebih lama di depan TV.

Banyak perumahan baru saat ini memiliki fasilitas gym atau kolam renang, atau setidaknya suasana yang nyaman untuk sekedar jogging di pagi hari. Tertarik pindah ke rumah baru? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp350 jutaan!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Lakukan Ini Agar Tampil Menawan di Hari Pernikahan