Sukses

Jangan Simpan 6 Benda ini di Dalam Gudang!

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering menyimpan barang-barang yang tidak digunakan di dalam gudang, atau jika memiliki loteng di bagian atap rumah Anda akan menyimpannya di tempat tersebut.

(Baca juga: Feng Sui: Benda-benda Ini Bawa Sial Jika Disimpan di Rumah)

Untuk beberapa barang seperti koper mungkin tidak akan masalah jika disimpan lama di dalam gudang. Namun beberapa benda lain, terutama yang terbuat dari bahan alam seperti meja kayu, justru bisa rusak bila disimpan di dalam ruangan tertutup seperti gudang.

Selain itu barang-barang apalagi yang seharusnya tidak disimpan di dalam gudang? Simak daftar dari Rumah.com berikut ini!

1. Perabotan Kayu

Punya meja atau kursi antik warisan dari orang tua? Anda mungkin merasa enggan untuk menaruhnya di dalam ruang tamu atau keluarga karena tidak sesuai dengan tema rumah yang minimalis.

Jangan biarkan perabotan tersebut tersimpan lama di dalam gudang, suhu dan kelembapan udara yang berubah-ubah bisa membuat bahan kayu menjadi retak. Lebih baik tetap gunakan di salah satu sudut ruangan di rumah atau berikan kepada orang yang membutuhkan.

2. Boneka Anak

Anak sudah terlalu besar sehingga tidak senang lagi bermain boneka? Anda mungkin akan tetap menyimpannya  sebagai memori atau berjaga-jaga jika anak Anda rindu memainkannya kembali. Namun, boneka yang disimpan beresiko untuk mengundang tikus, tungau dan juga serangan hama lain.

Bila memungkinkan, simpan di dalam kotak kedap udara dibandingkan hanya disimpan di dalam plastik hitam. Atau, berikan kepada anak lain yang membutuhkan mainan.

3. Lilin

Lilin biasa digunakan ketika listrik padam atau disimpan untuk berjaga-jaga dikala Anda membutuhkan ornamen untuk dekorasi acara tertentu. Suhu yang panas terutama di dalam gudang atau loteng bisa membuat lilin-lilin tersebut meleleh.

Agar lilin tidak rusak, simpan di lemari di dalam rumah yang mendapatkan suhu lebih stabil.

4. Barang Elektronik

Barang-barang elektonik lama Anda yang sudah tua seperti pemutar video, televisi, telepon genggam, atau bahkan permainan konsol sebaiknya tidak disimpan di dalam gudang. Perubahan suhu dapat membuat barang-barang elektronik tersebut menjadi lembab dan merusak bagian dalamnya.

(Simak juga: Pilihan hunian dengan ukuran bangunan yang luas dengan harga di bawah 1 miliar)

5. Pakaian

Baju pengantin, baju pesta, atau pakaian lain yang mungkin Anda jarang (atau bahkan tidak pernah) dikenakan sebaiknya tetap disimpan di dalam lemari pakaian. Bahan pakaian ini biasanya akan mudah lembab dan mengundang debu serta ngegat.

Pakaian tetap membutuhkan udara sehingga menyimpan di dalam plastik juga tidak direkomendasikan. Anda bisa menyimpan di dalam kotak dan mengeluarkannya paling tidak satu tahun sekali untuk mencegah kerusakan.

6. Album Foto

Mungkin saat ini Anda lebih banyak menyimpan foto dalam format digital, namun foto lain yang sudah dicetak seperti album foto keluarga atau album pernikahan jangan disimpan begitu saja dalam gudang.

Lembaran foto akan mudah rusak jika terkena panas atau suhu yang lembab. Sebaiknya simpan di lemari yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

 

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Solusi Sayur dan Buah Segar 2x Lebih Lama!