Sukses


Cara Jitu Kumpulkan DP Rumah untuk Fresh Graduate

Agar finansial Anda selalu fit, ikuti beberapa tips menabung berikut.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lulus kuliah, ini saatnya Anda memasuki realitas kehidupan. Hidup tak lagi disokong orang tua tentu harus waspada.

Di usia pekerja baru seperti ini, meski sudah memiliki penghasilan sendiri, mungkin gaji Anda masih berada di level awal sehingga butuh pengelolaan matang. Agar finansial Anda selalu fit, ikuti beberapa tips menabung berikut dari Rumah.com. Cocok untuk fresh graduate, nih!

Catat pengeluaran tetap

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencatat pengeluaran tetap setiap bulan. Dana ini biasanya mencakup sekitar 30-40 persen dari penghasilan.

Dengan mencatat semua pengeluaran di awal, nantinya Anda akan lebih mudah mengestimasi jumlah uang yang dapat Anda tabung setiap bulannya. Mencatat pengeluaran juga bisa menjadi pengingat kita agar tidak menggunakan uang melenceng dari seharusnya.

Gunakan sistem autodebet

Menabung memang sulit, seringkali bertabrakan dengan keinginan kita. Biar dapat rutin menabung, ada baiknya Anda membuka tabungan khusus berjangka yang menggunakan sistem autodebet.

Lakukan autodebet di tanggal Anda mendapat gaji. Dengan begitu, Anda tak akan terlewat untuk menabung. Jika sejak awal sudah menggunakan sistem ini, bukan tidak mungkin Anda akan bebas finasial di usia 30 tahun.

Tahan belanja 6 bulan pertama

Kita sering kali tidak dapat menahan godaan belanja. Apalagi jika sedang musim diskon. Tapi cobalah berkorban di awal, untuk memetik hasil yang manis nantinya. Tahan keinginan belanja Anda selama enam bulan pertama gajian sehingga gaji Anda mutlak digunakan hanya untuk pengeluaran tetap.

Alokasikan dana belanja Anda untuk menabung. Cukup selama enam bulan. Dijamin dengan menyisihkan dana belanja, tabungan di rekening Anda akan membengkak.

Bawa bekal setiap hari

Selain menahan belanja, Anda pun bisa mengirit pengeluaran dengan membawa bekal ke kantor. Terdengar sepele, namun cukup ampuh untuk pekerja pemula. Ada beberapa perusahaan memberikan uang makan dan transportasi untuk karyawannya.

Jika Anda membawa bekal ke kantor setiap hari, Anda bisa mengalokasikan uang makan tersebut untuk ditabung setiap bulan. Lumayan, kan?

(Simak juga: 7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Susah Punya Rumah)

Mulai berinvestasi

Investasi kini bukan hanya untuk pekerja dengan level jabatan tinggi dengan gaji yang besar. Sebagai pekerja pemula, kita juga bisa, kok, ikut berinvestasi.

Apalagi saat ini sudah banyak produk-produk investasi terpercaya yang menawarkan minimum premi sangat terjangkau. Untuk pemula Anda bisa mengikuti produk investasi reksa dana pasar uang.

Jenis investasi ini bisa dimulai hanya dengan setoran Rp100 ribu setiap bulan. Umumnya investasi memberikan keuntungan lebih besar dibanding hanya menyimpan uang di bank dengan bunga flat per tahun.

Jika dana untuk uang muka rumah sudah terkumpul, saatnya mencari hunian yang tepat. Lihat pilihan rumah baru dengan harga di bawah Rp350 jutaan di sini!

Foto: Pexels

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini