Sukses

Banyak Kecoa di Rumah? Usir dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti akan kesal ketika melihat kecoa berada di dalam hunian. Kecoa memang binatang pengganggu yang menyebalkan, kotor, dan membawa penyakit. Ia dapat hidup di mana saja dan muncul di penjuru rumah.

Cara membasmi kecoa terbilang cukup sulit, karena binatang ini sangat cepat pertumbuhannya. Meski demikian, ada beberapa tips dari Rumah.com, setidaknya agar kecoak tak mampir ke rumah Anda. Simak beberapa tips berikut.

Jaga kebersihan Rumah

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membersihkan seluruh bagian rumah. Kecoa gemar bersarang di tempat yang kotor, sempit, gelap, dan lembap. Sebaliknya, ia tak dengan area yang bersih.

Karena itu, bersihkan setiap sudut di rumah Anda terutama area dapur bagian lemari penyimpanan alat masak, lemari makanan, dan lemari penyimpanan bahan makanan.

Dengan menjaga kebersihan rumah, kita sudah memperkecil pergerakan kecoak utnuk datang ke dalam hunian.

Memutus rantai hidup

Tahukah Anda bahwa sepasang kecoa dapat menghasilkan keturunan sebanyak 35.000 anak kecoa per tahun. Hiii…merinding! Karena itu, langkah terbaik untuk membasi kecoa adalah dengan memusnahkan telurnya.

Temukan sarang kecoa di rumah Anda. Tandanya biasanya mereka meninggalkan cangkang telur yang menetas, terlihat kotoran menyerupai serbuk kopi dan bau yang sangat apek. Jika sarang sudah ditemukan segera basmi dengan menyemprotkan insektisida atau racun kecoa llangsung ke dalam sarang.

Membuat perangkap

Buatlah perangkap kecoa menggunakan kopi atau minyak. Caranya gunakan botol plastik bekas, yang telah dibelah. Masukan umpan dan bahan penjebak ke dalam botol. Anda bisa menggunakan kopi yang dicampur air atau minyak.

Kecoa menyukai bau kopi, ia akan merangkak naik lalu mencari bau kopi. Setelah dapat ia terjebak dalam air atau minyak dan tidak akan bisa kembali memanjat.

Basmi dengan kapur barus dan bahan alami

Kapur barus salah satu obat untuk mengusir kecoa. Anda bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruang. Wangi kapur barus tidak disukai kecoa dan dapat mengusir kecoa sehingga tidak datang lagi.

Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan. Anda dapat menggantinya menggunakan bahan alami, seperti daun salam yang juga tak disukai kecoa sehingga lebih aman untuk makanan.

(Simak juga: Cara Ampuh Usir Lalat dari Rumah)

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu

Kecoa senang bersarang di tumpukan barang. Sebaiknya singkirkan barang-barang yang tidak terpakai, terutama jika anda memiliki tumpukan kayu bekas bangunan. Kecoa gemar bersarang pada tumpukan kayu terutama saat hujan. Hindari menyimpan tumpukan kayu bekas di dalam rumah Anda.

Tutup saluran air yang bocor

Kecoa dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air. Tak heran kalau kecoa suka sekali bersarang di tempat-tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air.

Oleh sebab itu, periksa dan teliti setiap saluran ait yang ada di rumah Anda, termasuk pipa wastafel kamar mandi, dapur, atau pipa keran kamar mandi. Segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air di rumah Anda.

Kecoa muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Freepik

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!
Artikel Selanjutnya
Rumah ‘Tampak’ Bersih Secepat Kilat dalam 5 Langkah