Sukses

Tips Gampang Bikin Tagihan Listrik Berkurang

Liputan6.com, Jakarta Harga listrik yang kian membumbung tinggi membuat tagihan listrik membengkak di akhir bulan. Kalau sudah begini, terpaksa Anda harus bijak memotong bujet kebutuhan lainnya.

Agar hal yang sama tak berulang setiap bulan, ada baiknya Anda menyiasati penggunaan listrik harian agar tagihan tidak bocor. Ada beberapa cara sederhana untuk membatasi penggunaan listrik yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Cara sederhana ini dapat berdampak besar pada pemotongan anggaran tagihan listrik jika dilakukan secara rutin oleh Anda. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa di antaranya yang bisa Anda ikuti.

Pagi dan siang tanpa lampu

Terapkan aturan tanpa lampu dari pagi hingga siang hari dari pukul 9.00-16.00. Dalam kurun waktu ini matahari sedang hangat-hangatnya bersinar. Agar ruangan di dalam rumah tetap mendapat pencahayaan, buka semua tirai dan daun jendela di rumah.

Selain terang, ruang di dalam rumah pun menjadi lebih sejuk dengan masuknya udara pagi.  Jangan lupa untuk menutup daun jendela menjelang siang, karena udara mulai terik. Lakukan aturan ini setiap hari dijamin bujet tagihan listrik akan menurun.

Menggunakan Fast Charging

Anda sering kali mengisi daya peralatan elektronik hingga lama bahkan semalam suntuk, mulai sekarang hindari hal tersebut. Selain boros listrik, mengisi daya terlalu lama dapat merusak gawai Anda.

Jika ingin mengisi daya gawai, gunakan fast charging tools yang sudah banyak dijual di pasaran. Fast Charging dapat mengisi penuh gawai Anda hanya dalam waktu 90 menit. Agar tidak lupa, jangan lupa pasang alarm pada gawai Anda agar Anda segera mencabut gawai yang sudah terisi penuh.

Matikan AC setelah dingin

Saat tidur malam hari, Anda pasti akan menyalakan AC dan membiarkannya hidup hingga pagi hari. Mulai sekarang terapkan aturan baru, yakni selalu mematikan AC di tengah malam saat ruangan sudah dingin.

Idealnya matikan AC sekitar pukul 2 atau 3 pagi. Ruangan Anda dijamin akan tetap dingin hingga Anda bangun di pagi hari. Biar tidak lupa, sellau taruh remot ac di tempat yang mudah Anda jangkau dan pasang alarm pengingat.

Cara ini memang membutuhkan perjuangan untuk melawan kantuk Anda. Tapi perjuangan Anda akan terbayar, di akhir bulan saat melihat tagihan listrik yang menurun.

(Simak juga: Daftar Barang Elektronik yang Boros Listrik)

Gunakan lampu LED

Salah satu keuntungan menggunakan lampu LED yaitu lebih rendah dalam konsumsi energi sehingga mampu menghemat energi. Gunakan lampu LED terutama untuk penerangan teras rumah, teras balkon, dan lampu taman yang mengharuskan lampu tersebut dinyalakan sepanjang malam.

Lampu LED cenderung memiliki besaran daya yang lebih kecil. Dengan lampu LED Anda dapat menghemat pemakaian energy hingga 90 persen.

Cabut saat tak digunakan

Hampir semua peralatan elektronik tetap mengonsumsi listrik meski tak digunakan namun kabelnya tetap menancap pada stop kontak, misalnya charger, televisi, komputer, video player, dan lainnya. Karena itu, selalu cabut semua peralatan elektronik jika tak digunakan. Cara ini dapat mengurangi tagihan listrik sebesar 30%.

Rumah yang besar juga otomatis mendorong pemakaian listrik menjadi lebih besar pula. Bagi Anda yang sedang berniat membeli rumah pertama, sebaiknya sesuaikan luas ruangan dengan jumlah anggota.

Tertarik mencari rumah baru? Temukan rumah dengan dua kamar tidur dengan harga di bawah Rp350 juta di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rumah Masih Sewa? Begini Caranya Agar Cepat Punya Rumah!
Artikel Selanjutnya
Ingin Tetap Tampil Cantik Saat Naik Kendaraan Umum? Ini Triknya!