Sukses

Mau Bikin Pesta di Rumah Mungil? Ini Tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda dan beberapa teman dekat biasanya ada momen-momen tertentu yang wajib dirayakan bersama. Misalnya, saat ada yang ulang tahun, ketika salah satu teman mendapatkan pekerjaan di luar negeri lalu mengadakan pesta perpisahan, halal bihalal usai hari raya, atau sekadar arisan.

Mengingat pesta lebih seru diadakan di rumah karena bisa ngobrol seharian, Anda pun mendapat kehormatan sebagai tuan rumah. Masalahnya Anda tinggal di apartemen mungil. Tenang, yuk, atur dekorasinya agar acara makan berjalan sempurna.

Dekorasi simpel

Jangan terbujuk rayu untuk menggunakan berbagai dekorasi, misalnya menambahkan balon, hiasan bunga yang besar, atau taplak yang colorful untuk ruang makan Anda.

Terlalu banyak ornamen akan membuat apartemen menjadi semakin sempit. Usahakan dekorasinya minimalis, kalau perlu Anda hanya mendekorasi area ruang makannya saja untuk menggugah selera sementara ruangan lain dibiarkan seperti biasa namun tetap rapi.

Dekorasi yang berlebihan membuat rumah menjadi sumpek.

Susun vertikal

Meja makan Anda tak terlalu besar untuk meletakkan makanan? Jangan menyusun seluruhnya secara horisontal atau menyamping.

Cobalah menambahkan ambalan di meja makan atau misalnya tambahkan boks di pinggir meja sebagai tempat untuk meletakkan makanan lainnya yang piringnya lebih mungil. Jika diatur dengan rapi, seluruh makanan yang dihidangkan akan cukup menempati meja makan Anda.

Susunan vertikal digunakan untuk menghemat ruang.

(Simak juga: Tips Irit Adakan Pestah Ultah  Anak di Rumah)

Beri label

Salah satu kebiasaan yang membuat cucian piring Anda menumpuk adalah tamu Anda yang senang berganti-ganti gelas. Agar gelasnya terpakai dengan efektif, buatlah minuman segar yang unik lalu tambahkan label di gelasnya sesuai dengan nama-nama tamu Anda.

Mereka akan merasa diistimewakan lho jika Anda membuatkan menu khusus dengan nama mereka.

Dengan memberi label, tamu tak perlu berganti gelas setiap saat. Cara ini membantu Anda mengurangi gelas kotor.

Satukan makanan sesuai jenisnya

Untuk beberapa makanan yang bisa dinikmati bersama, misalnya buah, camilan manis, camilan gurih, dan pencuci mulut sebaiknya disatukan dalam wadah yang sama.

Anda cukup membedakannya dengan sekat di dalam piring atau mangkuknya. Hal ini untuk membuat Anda tidak banyak mengeluarkan peralatan makan yang akan membuat sempit meja makan Anda.

Tak perlu satu wadah untuk satu makanan. Gabungkan saja yang jenisnya sama.

Lesehan

Makan bersama tak harus seluruh tamu duduk rapi di meja makan, kan. Agar ruangan tidak penuh dengan kursi, ajaklah para tamu untuk makan di bawah di area ruang keluarga.

Tambahkan karpet, rugs, atau bean bag sebagai tempat duduk tamu Anda. Makan di bawah justru akan membuat suasana lebih akrab dan hangat.

Ruangan jadi lebih lega dengan menyingkirkan sejenak kursi-kursi di ruang tamu.

Tertarik tinggal di apartemen? Lihat pilihan apartemen di berbagai kota dengan harga mulai Rp250 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: HGTV, Atap.com, Elledecor

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ultah Rafathar Serba Mewah, Ini Kata Raffi Ahmad
Artikel Selanjutnya
Rayakan Anniversary dengan Sex Tak Terlupakan di Rumah