Sukses

Jurus Update Ruangan di Rumah dalam 6 Langkah

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang sudah ditempati selama bertahun-tahun mungkin membuat Anda merasa bosan karena tampilannya mungkin juga sudah ketinggalan jaman. Solusinya tentu saja dengan melakukan perubahan dari sisi tampilannya. Namun, bagaimana bila Anda tidak memiliki biaya yang cukup untuk melakukan renovasi besar?

(Baca juga: Mau Foto Ruang Tamu Anda Dapat Ribuan Like di IG? Begini Caranya….)

Untuk memberikan tampilan yang segar pada setiap ruangan di rumah tak mesti dengan melakukan renovasi besar-besaran. Dengan sedikit sentuhan dan kreativitas Anda pun bisa mengubah tampilan seluruh ruangan di rumah Anda jadi lebih kekinian. Simak tips dari Rumah.com berikut ini!

1. Buat Pojokan Produktif

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan tampilan rumah Anda adalah dengan membuat sebuah tempat yang bisa dimanfaatkan di salah satu sudut ruangan di rumah.  Pastikan pojokan ini memang memiliki fungsi yang bisa digunakan secara produktif oleh siapa saja dan bukan hanya sebagai display.

Beberapa contoh pojokan yang bisa dibuat adalah seperti tempat membuat kopi, tempat membaca buku, tempat menjahit, tempat bekerja di rumah, area untuk memutar musik, atau pusat informasi bagi seluruh anggota keluarga.

2. Ubah Tampilan Sofa

Anda juga bisa memberi sedikit perubahan pada tampilan sofa dengan mengganti busa bagian dalam sofa atau menjahit ulang bagian-bagian yang sudah terlihat sedikit terbuka. Anda pun bisa mengganti kain bagian luar sofa agar sofa benar-benar terlihat seperti perabotan baru.

3. Percantik Dinding Ruangan

Cara lain untuk mengubah tampilan ruangan adalah dengan mempercantik dinding ruangan. Bisa dengan menambahkan lukisan, foto keluarga, mengganti cat dinding, atau bahkan hanya memberikan aksen seperti sebuah gambar bunga besar di dinding tersebut.

Cara ini akan membuat Anda dan juga para tamu yang datang terpukau dengan tampilan dinding.

4. Sembunyikan Bagian Rumah yang Kurang Cantik

Perhatikan kondisi rumah, apakah ada bagian rumah yang terasa kurang sedap dipandang atau bahkan kurang dimanfaatkan? Sebagai contoh, kondisi lemari yang terlihat sangat berantakan dengan berbagai macam barang. Anda bisa menyembunyikannya dengan menambahkan tirai di bagian pintu lemari.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan desain cantik dengan harga di bawah Rp1 miliar)

Atau kabel barang elektronik yang tergantung sehingga terlihat seperti sebuah bongkahan yang kusut? Sembunyikan kabel tersebut di tanaman atau ke dalam keranjang.

5. Tambahkan Aksen Berupa Kain

Jika Anda merasa salah satu ruangan di rumah terasa kaku atau dingin, berikan kehangatan dengan menambahkan sebuah aksen seperti sehelai selimut atau kain. Pilih selimut atau kain penghangat lain dengan motif yang seirama dengan motif kursi atau sarung bantal sofa agar membentuk sebuah satu kesatuan.

Letakkan dengan arah memanjang di atas sofa atau kursi tersebut.

6. Temukan Barang-barang Lama

Tidak perlu membeli benda baru, Anda bisa mengeksplor barang-barang lama yang dimiliki di rumah. Lihat kembali ke dalam lemari, laci, atau ruangan lainnya untuk menemukan barang-barang lama sebagai aksesori ruangan.

Barang-barang tersebut bisa berupa kain runners meja, kotak kaca atau kotak kayu, kain syal cantik, bingkai foto, koleksi kartu pos, alat musik, atau bahkan sebuah lampu dekoratif.

 

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis