Sukses

Harga Jual Rumah Anda Bisa Mahal Hanya dalam 4 Langkah

Liputan6.com, Jakarta Seorang penjual di toko akan menata barang dagangannya semenarik mungkin dengan tujuan agar dilirik pembeli. Sama halnya ketika Anda ingin menjual rumah. Buat tampilan rumah semenarik mungkin sehingga rumah cepat laku dan memiliki nilai jual yang tinggi.

(Baca juga: Kiat Jual Rumah di Dalam Gang agar Cepat Laku)

Dengan tampilan yang baik, harga jual rumah Anda juga jadi tidak akan ditawar terlalu jauh oleh calon pembeli. Tak masalah meski rumah Anda sudah berumur puluhan tahun, jika memiliki tampilan yang menarik, rapi, dan siap huni dijamin rumah Anda akan tetap laku dengan harga sesuai keinginan Anda.

Untuk itu, simak empat tips dari Rumah.com untuk meningkatkan harga jual rumah Anda berikut ini.

Lakukan renovasi

Sebelum menjual rumah, ada baiknya Anda memeriksa setiap bagian rumah. Jika ada bagian-bagian yang rusak, seperti genteng bocor, pipa air bocor, tembok merembes, plafon jebol, dan sebagainya, segera lakukan perbaikan.

Kebanyakan calon pembeli menginginkan rumah yang dalam kondisi 100 persen siap pakai. Mereka tidak ingin direpotkan untuk mengurus kerusakan rumah yang sudah dibeli. Jika terdapat kerusakan pada rumah Anda ketika akan dijual, calon pembeli pasti akan menawar rumah Anda dengan harga rendah.

Mengecat Ulang

Mengecat ulang rumah merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengubah tampilan rumah menjadi tampak baru kembali. Rumah yang terkesan tua dan usang bisa saja akan mengurungkan niat pembeli untuk membeli rumah Anda.

Selain itu, jangan hanya sebatas mengecat dinding, lakukan pula pengecatan pada bagian interior seperti kusen jendela, daun pintu, plafon, dan pagar rumah sehingga rumah terlihat menjadi satu kesatuan yang menarik.

Membersihkan dan Merapikan

Lakukan pembersihan pada bagian-bagian rumah, terutama bagian teras depan, area pembuangan sampah, memangkas, dan merapikan tanaman pada halaman depan. Area toilet, dapur, dan taman belakang juga wajib diperhatikan.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan nilai investasi yang menjanjikan mulai harga Rp300 jutaan)

Rumah yang bersih dan rapi membuat hunian menjadi nyaman dan enak dilihat. Bukan tak mungkin membuat calon pembeli jadi naksir berat dengan rumah Anda dan rela membayar dengan harga yang sepadan.

Segarkan Tampilan Rumah

Untuk membuat tampilan rumah semakin apik, lakukan penyegaran pada hunian Anda. Ganti lampu-lampu di rumah dengan lampu baru yang lebih terang sehingga rumah tak terkesan suram.

Anda juga bisa melakukan penyegaran dengan menambahkan tanaman-tanaman baru di halaman, mengganti rumput yang sudah rusak, membersihkan lumut-lumut yang menempel pada dinding dan bebatuan di halaman. Tampilan yang segar akan memberi nilai plus hunian Anda di mata calon pembeli.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!
Artikel Selanjutnya
Ingin Investasi di Properti? Simak 3 Faktor Penentu Harga Ini