Sukses

Rumah.com Paparkan Pangsa Pasar Properti Terkini

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 50 orang dari berbagai kalangan seperti pengembang real estat, produsen bahan bangunan, dan penyedia jasa pindah rumah, menghadiri acara Coffee Talk ketiga yang digelar Rumah.com pada Selasa (25/07) di Ecology Bistro Kemang, Jakarta.

Tampak hadir dalam acara perwakilan dari Metropolitan Land, Synthesis Development, Wilsor Group, Bogor Raya Residential, Alam Sutera, Jaya Property, Sahid Permata Harapan, Riscon Group, The Oasis, KG Global Development, Padina Soho & residence, Relife Property, Logios Depok, hingga Kopelland.

Sementara tamu dari nonpengembang properti yang datang diantaranya Mowilex dan Nippon Paint, serta agensi iklan digital Brightstars.

Acara semi formal tersebut diadakan selama empat jam mulai pukul 13.30-18.00. Tak beda dengan Coffee Talk sebelumnya, momen ini dikemas dalam nuansa rileks, santai, dan penuh kehangatan.

Kendati demikian, acara tidak hanya diisi dengan obrolan personal dan ‘ngopi bareng’ saja, tetapi juga disematkan sesi presentasi tentang pasar properti tanah air terkini. Kali ini, topik yang dibahas ialah laporan permintaan pasar terhadap properti.

“Berdasarkan hasil pencarian lokasi properti favorit masyarakat yang mengunjungi situs Rumah.com, Jakarta sampai saat ini masih menduduki peringkat pertama. Disusul Bandung, Depok, Bogor, dan Bekasi yang berurutan berada di bawahnya,” jelas Head of Developer Sales Rumah.com, Shynta Langgeng.

Lihat juga: Adakah Hunian Rp350 Juta di Jakarta?

Sementara itu, imbuhnya, faktor lokasi diakui juga masih menjadi acuan pertama masyarakat ketika ingin membeli properti. Baru setelahnya, faktor keamanan dan kenyamanan dipertimbangkan di samping juga kedekatan dan akses ke transportasi massal.

“Rupanya infrastruktur dan ketersediaan fasilitas dinomorempatkan oleh para pencari properti. Jadi harga itu justru bukan faktor utama yang dicari, melainkan lokasi yang strategis,” ujar Shynta.

Merujuk data internal PropertyGuru kurun waktu Maret-Mei 2017, Rumah.com juga mencatat kondisi pasar sewa properti terkini. Baik di pangsa apartemen, kondominium, hingga rumah tapak, Jakarta tetap menjadi lokasi pilihan masyarakat yang ingin menyewa properti.

Sedangkan untuk tanah kavling dan rumah liburan/villa, Bali menempati urutan pertama mengalahkan Jakarta dan Jawa Barat. Data ini didapat berdasarkan jumlah total penelusuran, tampilan halaman, dan respon yang diberikan pengunjung Rumah.com.

Baca juga: ‘Ngopi Bareng’, Rumah.com dan Pengembang Bahas Properti Tangerang

“77% konsumen tercatat lebih memilih untuk menyewa rumah tapak ketimbang apartemen (22%). Selain Jakarta, Banten juga menjadi salah satu area favorit mereka untuk mencari properti sewa,” Syntha menambahkan.

Acara semakin seru dan semangat dengan kehadiran Danny Oey, Motivator sekaligus penulis buku “Think Fresh”. Tak lupa ia membagikan sebanyak 40 buku sebagai doorprize untuk 40 peserta yang datang ke acara lebih awal.

Kejutan tak cukup sampai disitu. Rumah.com juga membagikan beberapa voucher belanja dan merchandise keren bagi peserta yang beruntung.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Pasar MPV Bakal Dongkrak Investasi di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Pembangunan Jalan Tol Bikin Harga Rumah di Semarang Terus Melaju