Sukses

Irit, Percantik Ruang Tamu dengan Barang Bekas

Liputan6.com, Jakarta Langkah paling praktis saat ingin mendekorasi ruangan adalah berbelanja di supermarket perangkat dan dekorasi rumah. Padahal dengan sedikit usaha, Anda bisa membuat tampilan rumah lebih segar tanpa harus mengeluarkan uang terlalu besar.

Jangan sampai keinginan Anda mempercantik ruang tamu menghabiskan bujet yang lumayan besar, karena ruangan lainnya pun memerlukan perhatian Anda. Agar bujet bisa dihemat, tak ada salahnya menggunakan barang bekas untuk menghias ruang tamu. Lihat saja beberapa contoh dari Rumah.com berikut ini.

Ban bekas jadi meja kopi

Tidak punya meja mungil sebagai tempat minum kopi di ruang tamu bukan berarti harus mencari meja baru. Jika Anda masih menyimpan ban mobil bekas yang tak lagi digunakan, Anda cukup meilitnya dengan tali tambang kecil lalu tambahkan tripleks atau papan di bagian atasnya.

Voila, tinggal ditambahkan vas mungil dan bunga segar, meja kopi pun tampak baru.

Celana bekas jadi sarung bantal

Ambil celana bekas yang sudah usang namun masih kuat kainnya, lalu ambil bagian yang lebar dan jahit bagian kanan dan kirinya. Biarkan salah satu sisi terbuka sebagai tempat untuk memasukkan bantal.

Tak hanya celana yang bisa dijadikan sarung bantal bekas, sweater usang, blus, hingga kain yang jarang Anda gunakan, bisa dijahit kembali sebagai sarung bantal.

Botol jadi vas

Jangan buang botol bekas sirop atau kecap. Selain dapat Anda gunakan untuk menyimpan air putih lalu diletakkan di dalam kulkas, botol tinggi ini dapat digunakan untuk mempercantik meja ruang tamu Anda.

Tambahkan stiker atau gambari botol dengan cat untuk bahan kaca lalu tambahkan bunga segar di dalamnya.

(Simak juga: Lirik Gaya Baru Dekorasi Etnik nan Eksotik)

Botol selai untuk aksesori meja

Mason jar atau botol bekas selai merupakan benda paling berguna untuk mempercantik ruang tamu Anda.

Tak hanya cantik digunakan sebagai vas bunga, atau menjadi tempat lilin, mason jar juga dapat digunakan untuk menyimpan tanaman hias dan batu-batuan hias yang berwarna-warni.

Kerangka alat musik jadi rak buku

Bekas wadah untuk menyimpan alat musik seperti bas, cello, atau gitar bisa Anda gunakan sebagai rak buku. Anda cukup menambahkan sekat kayu di beberapa bagiannya. Sebaiknya gunakan buku yang tak terlalu tebal untuk mencegah sekat kayu patah.

Mendapatkan suasana baru di rumah terkadang tak cukup dengan hanya dekorasi. Kadang, Anda butuh pindah ke rumah baru. Tertarik mencari rumah baru? Lihat pilihannya di sini dengan harga di Bawah Rp1 miliar!

Foto: Dreamlands Design

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
7 Tips Ampuh agar Kamar Sempit Terlihat Luas ala Anak Kos
Artikel Selanjutnya
6 Trik Pintar Ubah Kamar Mandi Mungil di Rumah Jadi Mewah