Sukses

Bosan Dekorasi Minimalis? Lirik Gaya Etnik Nan Eksotik

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mulai bosan dengan suasana urban yang menimalis, simpel, dan modern, mungkin ini saat yang tepat untuk mengubah suasana hunian Anda dengan konsep etnik.

Dekorasi etnik akan memberikan suasana baru yang  berbeda dari konsep minimalis. Lebih ramai, cerah, namun relaks dan eksotis. Ini jelas akan mengobati kejenuhan Anda.

Tak perlu melakukan dekorasi interior besar-besaran. Cukup ubah salah satu sudut di rumah Anda, misalnya ruang tamu atau ruang keluarga.

Pilih area rumah yang sekiranya sering Anda lihat dan orang lain lihat sehingga terasa mewakili keseluruhan rumah. Yuk, simak beberapa tips untuk dekorasi etnik berikut dari Rumah.com.

Bantal sofa

Tanggalkan cover bantalan sofa polos milik Anda, dan ganti dengan cover bermotif etnik, seperti motif tenun, batik, atau sentuhan warna cokelat bermotif ukiran-ukiran. Bantalan sofa merupakan salah satu elemen yang akan menarik mata Anda pertama kali saat melihat sebuah ruangan.

Karena itu, bantalan sofa menjadi elemen penting yang wajib didekor jika ingin mengubah nuansa hunian Anda. Jika warna sofa Anda tak senada Anda bisa alasi dengan kain bernuansa etnik pada bagian bantalan sofa sehingga menjadi benarng merah konsep dekorasi.

Penambahan kain motif etnik juga akan menciptakan keunikan yang membuat tampilan lebih menarik.

Hiasan Dinding

Untuk menguatkan konsep etnik, Anda dapat menambahkan unsur lain berupa pajangan dinding bermotif etnik. Perlu diperhatikan, pilih hiasan dinding dengan warna yang identik dengan nuansa etnik seperti cokelat.

Hiasan dinding dapat berupa lukisan etnik, untaian kain etnik seperti ulos atau songket, atau senjata tradisional suku. Ini akan menambah kesan etnik yang kuat pada sudut ruangan Anda.

Unsur kayu

Elemen kayu sangat lekat dengan kesan etnik. Anda bisa memberikan sentuhan berunsur kayu, misalnya meja, kursi, hiasan dinding, partisi kayu berukir, atau meja untuk lampu sofa. Sentuhan kayu dijamin akan menambah kesan etnik yang kuat pada sebuah ruang.

(Simak juga: Dekorasi Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik)

Karpet

Karpet dapat menjadi elemen penting untuk menghidupkan suasana dalam sebuah ruang. Gunakan karpet bernuansa etnik untuk membuat ruang lebih eye catchy.

Atau, bisa juga menggunakan motif polos, tetapi pilih warna yang dapat harmoni dengan konsep ruang, seperti cokelat atau merah sehingga membuat suasana ruang tetap menyatu.

Lampu Hias

Unsur penerangan sangat penting dalam tampilan sebuah ruang. Anda bisa memilih lampu hias berupa lampu gantung, lampu berdiri, atau lampu nakas berdesain klasik dan tradisional.

Bisa juga memilih bentuk lampu yang menggunakan kap terbuat dari kayu atau rotan. Saat ini banyak dijual bragam jenis lampu berkonsep tradisonal. Anda tinggal sesuaikan keseluruhan ruang.

Karena coraknya yang ramai, dekorasi etnik ini cocok diterapkan pada hunian dengan luas yang cukup. Tertarik mencari rumah baru untuk mengaplikasikan dekorasi etnik? Lihat pilihannya dengan harga di bawah Rp750 jutaan di sini!

Foto: pexels

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Riasan Makin Seru dengan Pop Smokey Eyes
Artikel Selanjutnya
Wujudkan Kepribadian Gaya Anda Lewat Paduan Scarf yang Tepat