Sukses


4 Cara Mudah Punya Rumah di Usia Muda

Meski setiap orang memiliki pola yang berbeda, namun untuk Anda yang lahir antara tahun 1980 hingga 1996, beberapa tips ini mudah diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup mewah dan hobi bepergian yang lekat pada sebagian besar generasi milenial membuat mereka harus ekstra cermat dalam mengelola keuangan. Pasalnya, meski berpeluang memiliki pendapatan tinggi, kebiasaan hidup yang boros akan membuat generasi ini kesulitan di masa depan.

(Baca juga: Jangan Ngaku Generasi Milenial Jika Bukan ini Warna Favoritnya!)

Berbeda dengan generasi X yang terbiasa mengelola keuangan secara terukur setiap harinya, milenial tumbuh besar di tengah kemajuan teknologi yang mengajarkan sikap praktis. Akibatnya, hanya sedikit di antara mereka yang memiliki perencanaan jangka panjang, misalnya jika suatu hari kehilangan pekerjaan atau pensiun dini.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi Anda yang termasuk kelompok dengan rentang usia 20 – 30-an ini untuk mengelola uang secara bijak. Hal pertama, tentu melakukan perencanaan yang tepat. Strategi penghematan yang terbaik tentu harus disesuaikan dengan pengeluaran yang ditanggung pada saat ini.

Meski setiap orang memiliki pola yang berbeda, namun untuk Anda yang lahir di antara tahun 1980 sampai dengan 1996, beberapa tips dari Rumah.com ini sangat mudah diterapkan.

1. Hindari Menyewa Hunian

Karena umumnya kelompok usia ini belum memiliki rumah, maka hindari untuk menyewa hunian. Sebab biaya sewa bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar. Bahkan menurut riset yang dilakukan situs properti Zillow, menyewa hunian bisa menghisap sekitar 30 persen dari pendapatan bulanan.

Jika tidak lagi tinggal bersama keluarga, setidaknya pilih unit sewa yang mungil dan praktis. Dengan demikian Anda tak perlu bingung mengisi perabot atau melakukan perawatan dan bersih-bersih.

2. Cek Aliran Keluar Masuk Dana

Untuk memastikan angka pengeluaran bulanan sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, lakukan pengecekan setiap minggu atau setiap bulan. Catat setiap pengeluaran yang Anda lakukan, kemudian pertimbangkan kembali hal tersebut di akhir bulan. Hindari melakukan pembelanjaan yang tidak perlu.

(Simak juga: Pilihan hunian dengan uang muka dan cicilan yang ringan dengan harga di bawah Rp200 jutaan)

3. Manfaatkan Teknologi

Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengatur keuangan. Ada beberapa aplikasi ponsel pintar untuk mengelola anggaran. Salah satunya Mint, dimana Anda bisa menetapkan target dan melacak pengeluaran setiap bulan secara tepat dan mudah. Dengan demikian, program penghematan Anda bisa dilakukan lebih menyenangkan.

4. Menjaga Reputasi Keuangan

Terakhir, perhatikan reputasi kredit Anda. Apabila memiliki kartu kredit, pastikan untuk membayar cicilan dengan lancar setiap bulannya. Reputasi kredit akan berperan penting untuk Anda bila suatu hari nanti hendak mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Semakin baik reputasi Anda di mata Bank Indonesia (BI Check), maka Anda berkesempatan mendapat plafon pinjaman yang lebih besar. Jadi, sudah siap melakukan strategi penghematan?

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini