Sukses

Dari Sepatu Sampai Velg, Ini Manfaat Lain Sabun Cuci Piring

Liputan6.com, Jakarta Jika terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, Anda pasti tak asing dengan jenis-jenis sabun cuci piring, baik yang cair maupun bubuk. Masing-masing jenis ini punya manfaat lain selain untuk cuci piring.

Baik cair maupun bubuk manfaatnya tak hanya sebatas membersihkan peralatan makan. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa kegunaan lainnya, terutama untuk sabun cuci piring yang berbentuk bubuk.

Membersihkan sepatu dengan sabun cuci piring cair

Dibandingkan menggunakan sabun colek yang cenderung membuat kain pada sepatu kanvas Anda menjadi kaku dan kasar, menggunakan sabun cuci piring jauh lebih aman. Bahan kainnya tidak akan menjadi kasar, bahkan sabun cuci piring akan membantu kotoran dan minyak lepas dari serat kain.

Membersihkan peralatan plastik dengan sabun cuci piring bubuk

Ada beberapa jenis peralatan rumah tangga yang tak langsung hilang bekas minyaknya hanya dengan dicuci sabun cair.

Biasanya barang dengan permukaan plastik, misalnya keranjang cucian kotor, kabinet plastik, tumbler, hingga kotak penyimpanan akan lebih bersih dan kesat jika dicuci menggunakan serbuk cuci piring sebelumnya.

Membersihkan velg mobil gunakan sabun cuci piring cair dan bubuk

Kesal melihat velg mobil yang dekil dan tak lagi mengilap? Pertama basahkan dengan air lalu bubuhkan serbuk cuci piring lalu lap dengan sponge lembut. Setelah dibilas, gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan sisa kotoran lainnya. Velg akan kembali mengilap setelah dibilas dengan air.

Membersihkan karet alas kaki mobi dengan sabun cuci piring bubuk

Karet mobil yang biasanya menjadi alas kaki Anda saat duduk di dalam mobil belum tentu bersih jika hanya disikat atau dibilas dengan air.

Anda harus membubuhkan serbuk cuci piring lalu menyikatnya dengan menggunakan spons yang permukaannya kasar hingga seluruh bagian karet tertutup serbuk dan busa. Bilas dengan air lalu sikat kembali dengan sabun.

(Simak juga: Manfaat Lain Plastic Wrap di Rumah)

Bersihkan wastafel dengan sabun cuci piring bubuk

Jangan lupa menggunakan bubuk cuci piring untuk membersihkan permukaan wastafel serta peralatan rumah tangga porselen dan lampu gantung Anda dengan bubuk cuci piring. Bubuk ini akan mengembalikan warnanya yang mengilap dan menghilangkan kekusamannya.

Bersihkan noda makanan gosong dengan sabun cuci piring bubuk

Gunakan bubuk sabun cuci piring untuk menghilangkan noda gosong yang menempel. Bubuk ini cenderung halus sehingga tidak menyebabkan goresan di permukaan panci atau wajan Anda.

Dapur yang rapi dan bersih akan membuat kita betah berlama-lama dan jadi lebih bersemangat untuk berkreasi membuat beragam aneka makanan. Untuk pilihan perumahan dengan penempatan dapur yang baik dengan harga di bawah Rp1 miliar, simak puluhan pilihannya di sini!

Foto: bobvila.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Memilih Jok Kulit Sintetis Berkualitas