Sukses


Milenial, Ikuti Tips Ini Agar Bisa Cepat Punya Rumah

Untuk para milenial, faktanya mengelola gaji bulanan tak sesulit yang Anda bayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Mengatur keuangan bulanan memang menjadi tantangan sendiri, terutama untuk para milenial. Pasalnya, banyak sekali godaan atas nama lifestyle yang sangat memakan biaya.

Manfaat menabung tak hanya bisa dinikmati saat ini, tapi juga bermanfaat di kemudian hari. Untuk para milenial, faktanya mengelola gaji bulanan tak sesulit yang Anda bayangkan. Coba, deh, ikuti beberapa tips dasar ini untuk membantu Anda sukses menabung.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan. Hal ini harus dilakukan secara mendetail untuk mengetahui dengan tepat jumlah dana yang dapat Anda sisihkan untuk menabung.

Pengeluaran yang wajib dicatat termasuk untuk pembelian pulsa, makan, belanja, dan sebagainya.

Menabung Lebih Dulu

Sebelum menggunakan uang untuk segala pengeluaran bulanan, biasakan untuk menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu.

Anda mungkin membutuhkan rekening tambahan terpisah sehingga uang tabungan tidak terganggu aliran keluar-masuk dana. Setelah menabung, barulah Anda dapat menjalankan pembayaran rutin bulanan lain-lain.

Waspadai Pemakaian kartu Kredit

Kartu kredit dengan beragam promo yang menggiurkan sering menjadi incaran para milenial. Boleh saja Anda memiliki kartu kredit, namun yang perlu diwaspadai adalah pemakaiannya.

Misalnya, Anda membuat kartu kredit A karena promo travel yang ditawarkan. Maka pergunakan kartu kredit tersebut hanya untuk kebutuhan travel, seperti pembelian tiket.

Selain itu, pastikan selalu membayar tagihan kartu kredit secara full payment. Pembayaran tagihan dengan minimum payment akan memunculkan beban bunga besar pada pembayaran berikutnya          .

Stop langganan

Layanan berlangganan online yang banyak ditawarkan memang membuat hidup lebih praktis. Namun coba Anda teliti lagi, seberapa sering Anda menonton televisi kabel, parabola, atau online? Seberapa sering Anda datang ke gym?

Kalau televisi berlangganan sudah jarang ditonton, hentikan langganannya atau kurangi paketnya. Jika Anda sudah jarang pergi ke gym, hentikan langganannya. Toh, badan Anda tidak akan terbentuk hanya dengan datang ke gym dua minggu sekali.

Jika tujuannya hanya sekedar menjaga kebugaran, beli tali skipping/lompat tali, dumbel, atau sepatu lari. Dengan peralatan itu, Anda bisa bugar setiap hari di rumah tanpa perlu repot-repot datang ke gym.

(Simak juga: Miris, Gaya Hidup Hedon Tetapi Tak Punya Rumah)

Pilih Provider Telepon yang Tepat

Pemakaian telepon dan internet salah satu pengeluaran bulanan terbesar untuk milenial. Untuk menghemat bujet telepon Anda pilih provider telepon yang tepat. Saat ini banyak provider telepon berlomba-lomba memberikan penawaran hemat yang menarik.

Anda dapat telaah satu per satu untuk menentukan provider yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Potong Bujet Ngopi

Terkesan sepele, namun penting untuk dilakukan. Sebagian besar pemasukan para milenial habis untuk kebutuhan lifestyle, termasuk ngopi atau nongkrong. Karena itu, penting untuk membatasi pengeluaran ngopi Anda.

Batasi pengeluaran untuk ngopi/nongkrong, misalnya cukup 1-2 kali sebulan. Alokasikan pengeluaran untuk ngopi ke dana menabung.

Beri Tujuan Menabung

Menahan diri dari aksi konsumtif memang susah, apalagi jika godaan datang dari sekeliling Anda. Untuk memperkuat 'iman', cari rumah dengan DP yang masuk akal untuk Anda capai dalam setahun atau dua tahun ke depan. Kemudian, bayangkan ini:

Harga rumah selalu meningkat setiap tahunnya antara 5-25 persen. Bahkan sebelum cicilan lunas pun, Anda sudah bisa menjualnya dengan cara oper kredit harga yang lebih tinggi. Gunakan hasil untuk penjualan kembali ini untuk membeli rumah yang lebih tinggi lagi harganya, kemudian jual kembali setelah beberapa tahun. Lakukan itu terus menerus. Terbayang, kan, berapa keuntungannya? 

Untuk Anda yang belum memiliki rumah, tak perlu mengincar rumah yang terlalu ideal dengan harga yang tinggi. Nantinya, saat keuangan lebih baik Anda bisa menjual rumah pertama dan meraup keuntungan, kemudian menggunakannya untuk membeli rumah idaman.

Tertarik membeli rumah? Lihat pilihan rumah baru dengan harga mulai Rp350 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.