Sukses

5 Langkah Sulap Taman Kecil Jadi Luas

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan rumah di perkotaan saat ini hanya menyisakan sedikit lahan untuk dapat dimanfaatkan sebagai taman hijau. Padahal keberadaan taman cukup penting dalam sebuah hunian.

Selain untuk mempercantik tampilan rumah, juga untuk memberika udara sejuk ke dalam rumah.   Jika Anda memiliki taman yang mungil, ada beberapa cara untuk menyulapnya menjadi lebih luas dan nyaman. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa tips mengubah lahan sempit menjadi taman hijau yang luas.

Manfaatkan beragam warna

Pilih warna yang tepat untuk menghias taman mungil Anda. Pemilihan warna ini terutama untuk diaplikasikan pada dinding taman, perabotan, serta tanaman. Sebaiknya pilih warna-warna dingin, seperti biru dan hijau.

Warna dingin dapat membuat jarak terasa lebih jauh sehingga membuat kesan lebih luas. Sementara warna-warna hangat seperti cokelat, merah, kuning, atau oranye membuat kesan obyek menjadi lebih dekat.

Anda dapat juga mengombinasikan warna dingin dengan warna hangat untuk membuat taman menjadi luas. Kuncinya, warna dingin harus lebih mendominasi.

Perabotan yang kecil

Boleh saja mengubah taman yang mungil menjadi spot untuk bersantai. Syaratnya, pilih perabot dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Jika lahan Anda sempit jangan paksakan untuk menaruh gazebo di lahan tersebut, cukup tempatkan satu set bangku dan meja berukuran kecil. Tempatkan pada bagian pinggir taman sehingga tidak menambah kesan sumpek.

Ukuran tanaman

Penting juga untuk memperhatikan besarnya ukuran tanaman. Memiliki taman yang kecil bukan berarti Anda hanya boleh menanam tanaman berukuran mini. Boleh, kok, menanam tanaman berukuran besar asalkan dilakukan penataan yang tepat.

Tempatkan tanaman-tanaman berukuran besar di bagian belakang atau pojok taman. Sisa lahan dapat diisi dengan tanaman berukuran lebih kecil.

Selain membuat tanaman terlihat semua, penataan seperti ini juga menciptakan dimensi yang membuat taman terkesan lebih luas.

(Simak juga: Aturan Fengsui untuk Taman di Rumah)

Buat ruang kosong

Jangan isi semua lahan dengan tanaman, namun sisakan ruang kosong di tengah lahan. Ruang kosong ini merupakan kunci untuk membuat taman terasa lebih luas.

Anda bisa membuat paving pada ruang kosong di tengah taman untuk membedakan dari rumput di sekitar dan lebih mudah sebagai pijakan jika Anda ingin menyiram tanaman.

Taman vertikal

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, Anda bisa memilih menanam vertikal. Menanam vertikal akan membuat ruang taman lebih luas.

Anda dapat menanam tanaman pada pot yang digantung, atau memilih tanaman yang dapat tumbuh tinggi dengan cepat dan ramping seperti pohon palem. Menanam vertikal akan memaksimalkan lahan yang sempit.

Taman kecil tak lantas membuat rumah menjadi tidak indah. Asal penataannya tepat, rumah dengan taman kecil pun bisa terlihat segar. Karena itu, rumah kecil dengan taman kecil pun cukup untuk menjadi rumah pertama Anda. Tertarik mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga mulai Rp350 jutaan di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Meikarta Apartemen Mengebut Taman Kota 100 ha Hanya dalam 4 bulan
Artikel Selanjutnya
Danau Paisu Pok, Surga Alam Tersembunyi di Sulawesi