Sukses

Stres? Tak Perlu Kemana-mana, Redakan Saja di Rumah!

Liputan6.com, Jakarta Setelah lelah seharian bekerja, Anda tentu mendambakan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Rumah sudah pasti menjadi tujuan utama untuk merenggangkan tubuh dan pikiran sebelum kembali melanjutkan aktivitas esok hari.

(Baca juga: Lima Kegiatan Rumah Tangga yang Mengurangi Stres)

Namun alih-alih menjadi tempat beristirahat yang menenangkan, rumah justru sering kali menambah tingkat stres Anda. Umumnya, sih, karena alasan rumah yang tidak nyaman karena berantakan.

Nah, agar hal ini terjadi kepada Anda ada baiknya jika sebelumnya bereskan dulu tempat tinggal Anda. Anda bisa, kok, mengubah rumah yang berantakan menjadi tempat penghilang stres paling ampuh di dunia. Berikut ini lima cara ala Rumah.com untuk memulai semuanya.

1. Rapikan Setiap Ruangan

Mulailah dengan merapikan setiap ruang di dalam hunian. Tempatkan barang-barang yang sering Anda butuhkan pada satu spot. Sisanya letakkan di tempat masing-masing. Cara ini akan memberikan kemudahan bagi Anda saat mencari barang yang diperlukan tanpa membuat area lain berantakan. Dan tentu saja bikin rumah Anda selalu rapi.

2. Bersihkan Sirkulasi Udara

Untuk menjaga kenyamanan di dalam rumah, pastikan Anda memperhatikan sirkulasi udara. Gunakan alat pembersih udara untuk menghilangkan polusi dan racun-racun lain. Anda juga bisa menggunakan penyaring udara (air purifier) berkualitas yang banyak dijual di toko elektronik.

Alat ini akan membantu menangkap udara dan menyaring segala kotorannya untuk diedarkan kembali menjadi udara yang lebih sejuk dan bersih.

3. Menanam Tanaman

Sudah banyak penelitian mengungkapkan bahwa tanaman dapat menjadi obat ampuh penghilang stres. Bahkan hanya dengan memandang tanaman beberapa menit saja tingkat stres dapat berkurang. Jika Anda tak punya banyak waktu untuk mengurus tanaman, pilih jenis tanaman yang tak memerlukan perawatan khusus, misalnya lidah mertua, kaktus, sirih gading, atau sukulen.

(Simak juga: Pilihan hunian dengan fasilitas taman bermain bagi anak dengan harga Rp300 – Rp500 juta)

Selain dapat mengurangi stres, memelihara tanaman juga berperan membantu menciptakan udara bersih sehingga hunian lebih nyaman.

4. Ciptakan Ruang Khusus

Jika memungkinkan buatlah satu area khusus yang dapat membuat Anda nyaman dan relaks. Area khusus ini nantinya bisa menjadi tujuan utama Anda untuk melepas kepenatan. Anda bisa melengkapinya dengan aromaterapi, perlengkapan melukis, atau buku bacaan favorit.

5. Penerangan yang Baik

Penerangan sangat memengaruhi suasana hati Anda. Pastikan hunian Anda memiliki penerangan yang baik, tidak terlalu redup atau terlalu terang. Anda bisa memilih menggunakan lampu halogen untuk penerangan dalam ruang.

Akan lebih baik juga jika hunian Anda mendapatkan cukup pencahayaan alami di pagi dan siang hari. Pencahayaan yang baik merupakan kunci untuk menjaga mood dan energi positif dalam diri.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Alasan Anda Sering Merasa Kesepian di Tengah Keramaian
Artikel Selanjutnya
Tanya Dokter: Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?