Sukses


Tips Sukses Berbisnis di Rumah

Berbisnis di rumah kadang lama untungnya karena Anda sering menggunakan uang hasil penjualan untuk kebutuhan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa di antara Anda tentu Anda yang melakukan aktivitas bisnis di rumah. Mengingat di rumah Anda tak perlu menyewa ruangan, Anda pun tak harus menyisihkan pendapatan untuk biaya sewa yang biasanya cukup mahal.

Namun, berbisnis di rumah kadang lama untungnya karena Anda sering menggunakan uang hasil penjualan untuk kebutuhan pribadi. Agar hal itu tak terjadi, cobalah menggunakan trik menabung berikut dari Rumah.com.

Gunakan rekening lain dan simpan ATM-nya di tempat aman

Jangan satukan rekening bisnis dengan rekening yang Anda gunakan untuk kebutuhan harian. Selain itu rekening pendapatan sebaiknya dipisahkan dengan rekening modal, sehingga memudahkan Anda dalam menghitung penghasilan yang didapat.

Jangan utak-atik rekening pendapatan

Bila Anda bekerja sendiri, usahakan untuk tidak mengganggu gugat rekening pendapatan selama minimal 9-12 bulan. Anggaplah Anda harus menanam modal siap rugi selama 1 tahun sehingga membuat Anda menghemat pengeluaran selama satu tahun tersebut.

Usaha Anda baru dikatakan untung jika penghasilan selama setahun minimal mencapai dua kali modal utama Anda.

Miliki tabungan darurat

Tabungan darurat berjumlah enam kali pengeluaran bulanan. Pastikan sebelum memulai usaha, Anda sudah memilikinya.

Jadi, jika sewaktu-waktu usaha Anda tidak berjalan lancar, Anda masih mempunyai uang cadangan untuk memenuhi kebutuhan harian dan bulanan Anda.

Tahan belanja yang tak perlu hingga satu tahun

Ingat, anggaplah diri Anda rugi selama satu tahun jadi hanya gunakan uang untuk kebutuhan saja, bukan membelanjakannya untuk hal yang tidak penting. Selama koleksi fashion Anda masih oke, sebaiknya Anda menutup keinginan belanja.

Lalu, mulailah dengan hidup berhemat, misalnya meski Anda kerja di rumah, listrik baru digunakan maksimal di malam hari seperti untuk lampu atau AC.

(Simak juga: Rahasia Bisnis Properti Tanpa Modal)

Ubah kebiasaan makan di luar

Bikin aturan hanya makan di luar sebulan sekali, sisanya ajaknya teman Anda untuk potluck di rumah jika ingin mengadakan pertemuan.

Berkumpul di rumah jauh lebih hemat karena Anda tak harus mengeluarkan biaya parkir, dan Anda bisa berkomunikasi dengan teman dan keluarga lebih maksimal karena tak terbatas waktu.

Ingin membeli produk sendiri? Tetapkan harga jual

Ketika melihat koleksi dagangan Anda, ada beberapa barang yang ingin Anda miliki sendiri. Jangan langsung mengambilnya karena akan merusak modal awal Anda. Tetap Anda harus memasukkan uang ke rekening pendapatan sejumlah harga jual.

Setelah mendapat keuntungan, lipat gandakan dengan berinvestasi di properti. Tertarik membeli rumah? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp350 jutaan di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini