Sukses


Rahasia Rumah Tetap Bersih Walau Pelihara Hewan

Selain membuat suasana rumah menjadi lebih seru, hewan peliharaan juga mengajarkan anak untuk peduli.

Liputan6.com, Jakarta Punya hewan peliharaan di rumah memang menyenangkan. Selain membuat suasana rumah menjadi lebih seru, hewan peliharaan juga mengajarkan anak untuk berbagi dan mencintai lingkungannya.

Namun, meski sebisa mungkin Anda merawat hewan dengan maksimal, tetap saja aroma kotorannya memenuhi rumah Anda. Bahkan, aromanya tak langsung hilang meski sudah dibersihkan. Yuk, cek cara membersihkannya agar tidak meninggalkan aroma tak sedap di rumah Anda.

Simpan bahan lembut

Ada beberapa spot yang selalu disukai hewan, misalnya area yang empuk seperti sofa, karpet, atau selimut. Tak hanya suka menggunakannya untuk tidur, beberapa hewan seperti kucing dan kelinci menjadikan area lembut ini sebagai tempat buang air kecil. Usahakan untuk menyimpan semua alat rumah tangga berbahan lembut di dalam lemari atau laci.

Ajarkan untuk menjauhi kamar atau sofa

Jangan biarkan hewan selalu tidur di ranjang atau sofa Anda, karena berisiko meninggalkan kotoran dan bulu di permukaannya.

Ajarkan hewan untuk menggunakan areanya sendiri sebagai lokasi tidur. Misalnya dengan memerintahkannya untuk segera meninggalkan sofa jika Anda melihatnya sudah mulai menduduki dan menggigit sofanya.

Siapkan bahan pembersih

Selalu siapkan bahan pembersih kotoran di beberapa area yang menjadi favorit hewan. Misal, tak jauh dari ruang kelurarga Anda sudah menyiapkan tisu, lap, kertas koran, dan sprei yang berisi cairan pembersih.

Segera bersihkan kotoran hewan begitu Anda melihatnya, sehingga aromanya tidak memenuhi ruangan Anda. Selain urine, kotoran yang harus segera dibersihkan adalah muntahan mereka.

(Simak juga: Tips Cegah Penularan Penyakit dari Hewan Peliharaan)

Gunakan cuka

Urine mengandung amoniak dan jika dibiarkan akan meninggalkan noda. Pertama, bersihkan dahulu dengan kertas koran, lalu gunakan air hangat dan cairan pembersih untuk menghilangkan bakterinya.

Terakhir, gunakan cuka untuk melunturkan amoniak, kandungan protein, dan lemak yang ada di noda tersebut. Cairan cuka juga dapat digunakan untuk perabotan rumah tangga berbahan kayu.

Tambahkan aroma lemon

Hewan cenderung tidak menyukai aroma tajam, sehingga Anda bisa menambahkan aroma pengharum ruangan lemon di rumah Anda. Selain itu, ajarkan hewan untuk selalu membuang kotoran di tempat yang sudah disediakan.

Ingin punya rumah yang lebih besar sehingga Anda lebih leluasa memelihara hewan peliharaan di rumah? Simak aneka pilihan rumahnya harga mulai Rp1 miliar di sini.

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.