Sukses


Kiat Usir Bau Tak Sedap dengan Cepat

Jika bau tidak sedap dibiarkan saja maka kondisi tersebut akan membuat rumah jadi tidak nyaman. Simak cara mudah untuk mengatasinya!

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya aktivitas yang berlangsung di dalam rumah seringkali menyebabkan munculnya aroma tidak sedap. Jenis bau tersebut antara lain disebabkan oleh bau makanan yang disimpan di dalam kulkas, bau yang timbul setelah memasak ikan atau sayuran, aroma apek dari dalam lemari pakaian atau mungkin juga bau cat.

(Baca juga: Kiat Usir Bau dan Noda Ompol Secepat Kilat)

Jika baunya tidak segera hilang atau dibiarkan saja maka kondisi ini jelas bikin rumah jadi tidak nyaman. Sebenarnya mudah saja untuk mengusir berbagai macam bau tak sedap di rumah, simak tips ala Rumah.com berikut ini!

1. Buka Jendela

Udara segar dapat menghilangkan bau tidak sedap dengan cepat. Buka jendela dan pintu bagian depan rumah agar aliran udara bisa memenuhi seluruh ruangan. Meskipun hujan, tetap biarkan jendela terbuka selama beberapa menit agar bau tidak sedap tidak bertahan di dalam rumah.

2. Menghilangkan Bau Bekas Cat

Jika Anda baru saja selesai mengecat salah satu ruangan di dalam rumah, biasanya bau cat akan terasa kuat sehingga mengganggu. Anda bisa menghilangkannya dengan meletakkan beberapa mangkok berisi air dan garam di ruangan yang memiliki bau cat yang kuat.

Cara lain adalah belah bawang bombay lalu celupkan ke dalam baskom besar berisi air. Kemudian tempatkan di ruangan yang baru dicat.

3. Menghilangkan Bau Makanan di dalam Kulkas

Banyaknya jenis bahan makanan di dalam kulkas berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mencegahnya sediakan sekotak baking soda di dalam kulkas yang akan menyerap bau tersebut. Dan ganti kotak tersebut setiap dua bulan sekali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun pandan ke dalam kulkas dan biarkan hingga mengering. Jika sudah tidak wangi, ganti daun pandan dengan yang baru.

4. Menghilangkan Bau Apek pada Kain

Jika Anda merasa kain gorden atau taplak meja Anda tercium bau apek, hilangkan dengan cara merendamnya di dalam campuran cuka dan air selama satu jam. Setelah itu, cuci kain dengan deterjen seperti biasa.

Saat ini juga banyak cairan khusus penghilang bau pada kain yang sudah dijual di toko swalayan. Jika ingin lebih praktis Anda bisa coba produk tersebut.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan lokasi yang sejuk dan berudara segar dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

5. Menetralkan Bau Lemari Pakaian

Saat Anda membuka lemari pakaian terutama lemari yang sudah lama tidak dibuka, sering timbul bau yang tidak sedap seperti bau apek. Salah satu cara untuk menetralkannya adalah bersihkan dengan air sabun secara menyeluruh lalu lap dengan kain bersih.

Seka juga bagian dinding luar dan dalam lemari dengan larutan bubuk soda kue dan air. Diamkan beberapa jam kemudian bersihkan dengan air. Keringkan agar kondisi lemari tidak menjadi lembap.

6. Menghilangkan Bau Rokok

Bau rokok memang sering tidak terhindarkan terutama bila penghuni rumah seorang perokok. Banyak yang berusaha menghilangkan baunya dengan pewangi ruangan, padahal hal tersebut bukanlah solusi karena justru akan menghasilkan bau yang aneh.

Tuang cuka makan ke dalam setiap mangkuk dan letakkan di sudut tempat bau rokok tercium dan biarkan selama satu malam.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini