Sukses


Rawat Kamar Mandi Semi-Outdoor dengan Benar. Ini Caranya!

Kondisi yang basah dan lembap juga membuat kamar mandi mudah dihinggapi kuman dan bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Masalah paling sering menimpa kamar mandi adalah kondisi kamar mandi yang lembap. Akibatnya kamar mandi menjadi berbau tak sedap atau mudah ditumbuhi jamur. Selain itu, kamar mandi kerap menjadi jalan masuknya serangga, seperti kecoa bahkan cacing dan kelabang.

Kondisi yang basah dan lembap juga membuat kamar mandi mudah dihinggapi kuman dan bakteri. Salah satu cara mencegah kamar mandi lembap adalah menciptakan kamar mandi yang semi outdoor. Yuk, buat kamar mandi yang terang dan berikut cara merawatnya.

Buat bukaan di kamar mandi

Jangan biarkan kamar mandi sepenuhnya dalam kondisi gelap yang minim cahaya. Usahakan kamar mandi memiliki bukaan, misalnya di bagian plafonnya gunakan atap yang transparan agar sinar matahari dapat masuk dan mencegah ruangan kamar mandi menjadi gelap.

Anda juga bisa menggunakan kanopi sebagai bagian atap kamar mandi yang fungsinya untuk mencegah air hujan agar tidak masuk ke area kering.

Tambahkan tanaman di kamar mandi

Jika memungkinkan, buatlah celah di bagian atas kamar mandi Anda, sehingga Anda bisa meletakkan tanaman dalam pot di sudut kamar mandi. Beberapa tanaman seperti english ivy dan lidah buaya dipercaya mampu menghilangkan aroma tak sedap dan membuat udara di kamar mandi lebih segar.

(Simak juga: Salah Pilih Kloset Bikin Kamar Mandi Jelek. Ini Panduannya)

Bedakan antara bagian basah dan kering

Jika memungkinkan pisahkan bagian yang kering dan basah. Misalnya bagian yang basah hanya area untuk membilas tubuh Anda, sementara area toilet dan wastafel biarkan menjadi bagian yang kering. Khusus untuk area basah sebaiknya berada di bagian yang terpapar sinar matahari agar sisa air yang menggenang cepat menguap.

Gunakan batu koral untuk area basah

Agar lebih asri, Anda bisa menambahkan batu koral pada lantai bagian yang basah. Batu akan lebih menyerap air, dan asalkan tetap terkena sinar matahari, batu akan tidak cepat berlumut. Namun Anda tetap harus menyikatnya minimal setiap bulan untuk mencegah munculnya lumut.

Untuk memiliki kamar mandi semi-outdoor, Anda harus memiliki lahan yang cukup agar privasi tetap terjaga. Sedang mencari rumah baru yang lebih luas? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp1 miliar di sini.

Foto: Decoist

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.