Sukses


Ini Daftar Tanaman dalam Ruang yang Pas Sesuai Feng Shui

Ada beberapa jenis tanaman yang dipercaya bisa memberi pengaruh energi positif maupun negatif. Karena itu jangan salah pilih!

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hidup seringkali dipilih sebagai item pemanis interior desain. Selain memberi banyak manfaat untuk kesehatan, tanaman hidup yang diletakkan di dalam rumah juga punya pengaruh tertentu dalam feng shui.

(Baca juga: 5 Tanaman Antigalau yang Cocok di Rumah Mungil)

Menurut aturan feng shui, ada beberapa jenis tanaman yang dipercaya bisa memberi pengaruh energi positif maupun negatif. Dan hal tersebut tentunya juga berkaitan dengan lokasi peletakan dan jenis tanaman yang dipilih.

Penggunaan tanaman juga karena mengandung elemen penting yang memberi keseimbangan aliran chi atau energi positif bagi sebuah ruangan. Tapi yang penting, Anda bisa merawat tanaman dengan baik dan diletakkan di posisi bagua yang strategis.

Dan untuk mengetahui tanaman jenis apa yang sesuai berdasarkan feng shui, simak penjelasan yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Tanaman Feng Shui yang Bagus

Ada dua kategori tanaman feng shui yang dipercaya bisa memberi efek positif:

  1. Tanaman yang bermanfaat memurnikan udara, hal ini terkait dengan energi positif yang dihasilkan dari ruangan dengan udara bersih dan berkualitas. Ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih, seperti boston fern.
  2. Tanaman uang ala tradisional feng shui. Dikenal sebagai the money plant atau pohon uang, misalnya bambu hias.

Tanaman Feng Shui Buruk

Diberi julukan buruk karena tanaman ini dilihat dari bentuknya bisa membawa energi negatif ke dalam rumah. Tanaman sukulen seperti kaktus bisa menjadi contoh klasik karena tekstur permukaannya yang tajam.

Sementara itu tanaman lidah mertua atau snake plant juga sering dianggap sebagai tanaman feng shui buruk. Kendati berbentuk tajam, tanaman lidah mertua punya manfaat untuk memurnikan udara. Jadi tidak semua tanaman dengan bentuk daun yang tajam memberi pengaruh buruk.

(Simak juga: Pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp300 jutaan)

Posisi Peletakan Tanaman

Area terbaik untuk meletakkan tanaman di sebuah ruangan adalah di area bagua yang identik dengan elemen kayu. Sebagai contoh arah mata angin: timur, selatan dan tenggara. Titik tersebut dipercaya memiliki pengaruh feng shui yang sangat baik jika dihias dengan tanaman hidup.

Sedangkan area utara harus dihindari untuk meletakkan tanaman karena bisa melemah akibat terlalu didominasi oleh elemen kayu. Agar tidak bosan, Anda bisa bereksperimen memindahkan tanaman ke titik yang pas dan enak dilihat.

Selain itu tentu saja rawat tanaman dengan baik agar mereka bisa memberi sentuhan harmonis dalam ruangan serta memberi pengaruh feng shui yang positif.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.