Sukses


Bikin Rumah Langsung Kinclong Setelah Mudik

Mengingat rumah kosong dalam seminggu, tentunya tak sedikit bagian rumah yang berdebu. Berikut beberapa hal yang memerlukan perhatian lebih.

Liputan6.com, Jakarta Bagian paling Anda keluhkan usai mudik atau liburan adalah membersihkan rumah setelah kembali pulang. Mengingat rumah kosong dalam seminggu, tentunya tak sedikit bagian rumah yang berdebu. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa hal yang memerlukan perhatian lebih.

Garasi

Area ini cenderung lembap dan kotor. Garasi terbuka selalu terpapar debu dan asap dari kendaraan yang berlalu lalang, sementara garasi tertutup menjadi lembap karena Anda menutupnya selama liburan.

Jangan langsung memasukkan mobil Anda ke dalam garasi, karena mobil masih dalam kondisi kotor dan berisiko menyebabkan garasi ikut kotor. Setelah mengeluarkan seluruh barang di mobil, parkirkan kendaraan di depan rumah saja.

Kamar

Ganti seprai, dan cuci seluruh pakaian yang ada di luar lemari. Buka jendelanya lalu sapu dan pel lantai kamar. Jangan tergoda untuk langsung menikmati ranjang Anda dan tidur. Debu yang ada di seprai akan terhirup dan mengganggu pernapasan Anda.

Untuk tas travel yang Anda gunakan selama mudik, sebaiknya ikut di-laundry dahulu sebelum disimpan kembali di dalam lemari kamar.

Ruang keluarga dan dapur

Buka jendela dan tirai, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, lantai, dan tirai. Gunakan antikuman untuk mengepel lantai ruang keluarga Anda, lalu buang seluruh sampah yang ada di dapur.

Cuci semua perlengkapan makan yang masih ada di bak cuci dan lap seluruh perlengkapan makan yang masih menggantung di rak agar tidak ada debu yang menempel.

Ruang makan

Bersihkan meja makan dengan lap basah dan kering sebelum digunakan. Pastikan seluruh sisa makanan sudah dibuang, lalu cek kembali kulkas Anda. Bila masih ada sisa makanan yang sudah lebih dari tiga hari, sebaiknya segera disingkirkan. Buang bahan makanan yang masih ada di dalam kulkas untuk mencegah aroma tak sedap.

(Simak juga: Tip Bersihkan Rumah Seusai Mudik)

Teras dan halaman

Bagian ini menjadi yang paling kotor karena terpapar lingkungan luar. Setelah Anda membersihkan seluruh area dalam rumah, barulah Anda membersihkan teras. Tutup pintu rumah agar kotoran di teras tidak masuk kembali ke dalam rumah.

Jika perlu, siram lantai teras dan sikat agar debunya benar-benar hilang. Hal yang sama juga harus Anda lakukan terhadap garasi terbuka atau carport.

Mobil

Pastikan mobil dalam kondisi bersih saat masuk ke dalam carport yang sudah bersih. Mobil yang digunakan mudik atau liburan tentunya penuh dengan barang kotor mengingat Anda membawanya ke berbagai lingkungan. Cuci dahulu mobil Anda sebelum disimpan kembali di dalam garasi.

Jangan abaikan keamanan rumah Anda saat ditinggal mudik. Dan untuk pilihan perumahaan dengan fasilitas keamanan dengan harga di bawah Rp1 miliar, simak puluhan pilihannya di sini!

Foto: Freepik

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini