Sukses


Tips Atasi Noda dan Bau Ompol yang Membandel

Bagaimana cara menghilangkan bau ompol yang membandel karena dengan menjemur kasur saja biasanya tidak mampu menghilangkan bau dan nodanya?

Liputan6.com, Jakarta Punya anak atau keponakan yang tinggal di rumah? Biasanya anak-anak yang usianya di bawah 3 tahun masih suka mengompol saat tidur malam. Dan sayangnya sisa-sisa ompol biasanya akan meninggalkan noda dan menyisakan bau pesing yang tidak sedap.

(Baca juga: 5 Langkah Bikin Kasur Bebas Tungau)

Bau ompol memang menyengat bahkan aromanya juga bisa menyebar ke seantero isi rumah. Dan kalau sudah begini tentu saja jadi mengganggu. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau tersebut karena dengan menjemur kasur saja biasanya tidak mampu menghilangkan bau dan nodanya.

Untuk itu, simak tips mengatasi noda serta bau ompol yang melekat pada kasur atau sofa dari Rumah.com berikut ini.

1. Bersihkan Segera

Langkah awal apabila anak mengompol segera angkat seprei dari kasur. Sewaktu masih basah, segera serap dan keringkan air bekas ompol menggunakan handuk atau lap.

Untuk mengeringkannya, Anda bisa menggunakan pengering rambut terlebih dahulu kemudian jemur kasur di pagi atau siang hari. Setelah kering vacuum cleaner permukaan kasur agar benar-benar kering dan bersih.

2. Gunakan Tepung Maizena

Anda bisa menghilangkan bau ompol menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah, salah satunya adalah menggunakan tepung maizena. Sebarkan tepung di bagian yang terkena ompol, kemudian siapkan kain yang sudah dibasahi air sebelumnya dan bersihkan sisa tepung menggunakan kain tersebut. Bau pesing pun niscaya akan hilang.

3. Manfaatkan Soda Kue

Terkadang meskipun Anda sudah mengeringkan kasur dan menjemurnya di bawah sinar matahari, bau pesing tetap masih menempel. Hilangkan bau tersebut dengan menambahkan soda kue di area bekas ompol. Diamkan selama 24 jam kemudian gunakan penghisap debu untuk menyedot sisa-sisa soda kue hingga kasur menjadi bersih kembali.

(Simak juga: Pilihan perumahan dengan ukuran yang lebih luas dengan harga di bawah Rp750 jutaan)

4. Obat Kumur

Benda lain yang ada di rumah dan bisa digunakan untuk menghilangkan bau pesing adalah menggunakan obat kumur. Caranya mudah, campurkan obat kumur dengan air secukupnya kemudian gunakan bahan tersebut untuk membersihkan area yang terkena ompol.

Kemudian keringkan kasur menggunakan handuk atau kain bersih lainnya. Cara ini cukup ampuh menghilangan bau pesing namun biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari.

5. Gunakan Hidrogen Peroksida

Bahan hidrogen peroksida biasanya dijual di toko pembersih alat rumahtangga. Bahan ini cukup efektif untuk menghilangkan bau pesing. Caranya, oleskan di area yang terkena ompol kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, gunakan handuk untuk menyerap sisa bahan hidrogen peroksida dengan cara ditekan. Lakukan penjemuran untuk mempercepat pengeringan.

6. Alkohol 70%

Cara lain untuk menghilangkan bau pesing adalah dengan menggunakan alkohol 70%. Tuang alkohol di area yang terkena ompol kemudian serap dengan handuk atau kain bersih. Selanjutnya jemur kasur di bawah sinar matahari agar cepat kering.

7. Hubungi Jasa Pencuci Spring Bed

Saat ini sudah banyak vendor penyedia layanan jasa pencuci spring bed yang bisa dihubungi untuk datang ke rumah. Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkan dan menghilangkan noda kasur atau sofa, coba hubungi mereka untuk melakukan pembersihan.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.