Sukses


Mau Bangun Lebih Segar? Lakukan Ini Pada Kasur Anda!

Kualitas kasur akan memengaruhi kualitas tidur kita. Bagus tidaknya sebuah kasur, secara mudah, dapat dilihat dari kondisi Anda saat bangun.

Liputan6.com, Jakarta Kualitas kasur akan memengaruhi kualitas tidur kita. Bagus tidaknya sebuah kasur, secara mudah, dapat dilihat dari kondisi Anda saat bangun pagi.

Kasur yang memiliki kualitas buruk biasanya akan membuat area punggung  terasa sakit saat bangun. Sebaliknya kasur yang baik akan membuat Anda merasa fresh saat bangun pagi.

Umumnya, kasur dapat bertahan kualitasnya hingga 10 tahun jika dirawat dengan baik. Untuk membuat kasur Anda awet hingga 10 tahun ke depan, lakukan tiga perawawatan rutin berikut dari Rumah.com.

Jaga Kebersihan

Jaga selalu kebersihan kasur Anda. Gunakan seprai berbahan katun untuk menutup kasur Anda. Bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik sehingga kasur tidak lembap. Jangan lupa untuk mengganti seprai setiap seminggu sekali demi menjaga kebersihan kasur.

Setiap dua minggu sekali bersihkan setiap sudut-sudut kasur dan rangka tempat tidur dari debu. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner dan bagian rangka kasur bisa di bersihkan menggunakan lap basah.

Jemur Kasur

Permukaan kasur yang digunakan terus menerus serta suhu yang berubah-ubah dapat membuat kasur menjadi lembap. Jika kasur lembap makan kuman akan senang bersarang di kasur.

Karena itu, jemurlah kasur di bawah sinar matahari setiap dua minggu sekali. Jemur kasur kurang lebih 180 menit, mulai dari jam 8-11 pagi. Menjemur kasur berguna untuk mengeringkan bagian yang lembap, membunuh kuman yang bersembunyi, dan dapat mengembalikan volume kasur seperti semula.

Jangan lupa, setelah selesai penjemuran gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan partikel debu yang menempel di kasur selama proses penjemuran.

(Simak juga: 8 Kebiasaan Bikin Kasur Cepat Rusak)

Ganti Posisi Kasur

Kebanyakan orang berbaring pada bagian kasur yang sama terus-menerus. Hal ini sering membuat per kasur timpang sebelah (masuk ke dalam). Untuk menghindari hal ini terjadi, rotasikanlah kasur Anda secara berkala.

Tujuannya untuk membuat semua bagian kasur mendapat tekanan yang sama sehingga ketebalan kasur tetap terjaga. Rotasikan kasur setiap enam bulan sekali.

Kondisi ruangan yang lembap dengan sirkulasi udara yang kurang baik juga mempengaruhi daya tahan kasur. Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk pindah ke rumah baru dengan pengaturan ruangan yang lebih baik, lihat pilihan rumah baru dengan harga Rp500 jutaan di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.