Sukses


Cara Irit Bikin Interior Lebih Cantik

Ide-ide kreatif adalah kunci untuk membuat rumah menjadi lebih menarik tanpa harus mergoh kocek terlalu dalam.

Liputan6.com, Jakarta Jangan biarkan rumah Anda jadi membosankan hanya karena terkendala biaya. Anda bisa, kok, membuat suasana rumah lebih berwarna dan keren dengan mendekorasinya secara kreatif.

Ide-ide kreatif adalah kunci untuk membuat rumah menjadi lebih menarik tanpa harus mergoh kocek terlalu dalam. Tak perlu membeli dekorasi mahal untuk menghias hunian Anda. Berikut beberapa tips dari Rumah.com untuk membuat dekorasi rumah sederhana yang murah dan mudah.

Hiasan Lilitan Benang

Selain foto dan lukisan, Anda dapat membuat sendiri pajangan dinding yang tak kalah menarik. Anda hanya perlu menyiapkan papan kayu/Styrofoam, cat, jarum/paku, dan benang berwarna kontras.

Hal yang harus Anda lakukan adalah membuat pola menggunakan jarum/paku pada media kayu/styrofoam yang tersedia. Jika Anda menggunakan media kayu maka buat pola menggunakan paku.

Setelah pola terbentuk, ikatkan benang dan tarik benang ke segala arah dan kaitkan ke paku-paku yang telah membentuk pola tersebut. Pastikan tarikan benang kencang agar hiasan rapi. Terakhir, kunci ujung benang dengan mengikatnya. Setelah selesai akan jadi hiasan dinding yang menarik.

Terlihat rumit, padahal sebenarnya hiasan benang ini cukup mudah.

Origami

Salah satu dekorasi paling mudah adalah origami. Anda hanya memerlukan kertas origami dan lem. Buat pola pada kertas origami, misalnya bentuk hati atau bunga. Anda juga bisa membuat origami tiga dimensi. Setelah origami jadi tinggal tempelkan pada bagian rumah yang ingin dihias.

Kertas hias adalah cara paling populer untuk hiasan interior murah meriah.

Tanaman dalam stoples

Jika Anda menginginkan nuansa baru yang lebih asri, Anda dapat mendekorasi hunian dengan sentuhan tanaman. Anda dapat membuat hiasan dinding dengan memanfaatkan jar atau gelas/stoples kaca untuk media tanam. Isi stoples kaca dengan tanah gambut dan tanami dengan tanaman hias seperti bunga Torenia.

Kaitkan kaleng ke papan kayu menggunakan pengait kaleng dan sekrup. Anda bisa mudah mendapatkan pengait di toko bangunan. Setelah dikaitkan tinggal pajang di salah satu dinding rumah.

Pilih tanaman yang hanya perlu asupan sinar matahari minim.

(Simak juga: Cara Murah Bikin Aksen di Dinding)

Selotip

Cara murah dan praktis lain untuk menghias dinding adalah menggunakan selotip. Pertama buat pola menggunakan pensil pada dinding yang akan diberi dekorasi. Setelah pola terbentuk tempelkan selotip mengikitu pola yang sudah ada. Dijamin ruang hunian akan langsung berubah lebih keren.

Tak harus hitam, Anda  bisa menemukan selotip warna-warni di toko alat tulis dan kantor besar.

Ombre di dinding

Teknik ombre sedang menjadi tren. Teknik ini mengangkat tema gradasi warna dimulai dari warna yang tua menuju yang lebih soft atau sebaliknya. Teknik ombre sering diterapkan pada pewarnaan rambut atau penggunaan lipstick.

Namun kini Anda juga bisa menggunakan untuk dekorasi rumah. Caranya siapkan media kanvas dan cat warna. Pilih salah satu warna favorit Anda. Lalu oleskan pada kanvas.

Selanjutnya campurkan warna pilihan dengan putih untuk menghasilkan warna yang lebih soft. Setelahnya tinggal pajang kanvas pada ruang yang ingin Anda dekorasi.

Laburkan cat akrilik atau bahkan lipstik Anda di atas kanvas polos. Voila!

Membuat dinding beraksen memang merupakan cara yang mudah dan murah untuk mendekorasi interior rumah Anda agar nampak cantik seketika. Untuk memiliki rumah yang cantik dengan harga di bawah Rp500 jutaan Anda bisa pilih dari puluhan perumahannya di sini!

Foto: hipwee.com, dekorrumah.net, caraunik.info

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.