Sukses


Ada yang Salah di Rumah Anda Jika Program Diet Anda Gagal!

Habis lebaran badan mulai terasa melar? Berarti saatnya kembali diet. Tapi bagaimana jika tidak sukses? Bisa jadi rumah Anda penyebabnya!

Liputan6.com, Jakarta Habis lebaran dan badan mulai terasa melar? Berarti saatnya Anda menjalankan program diet? Diet tidak hanya bermanfaat untuk membuat badan Anda jadi kurus tetapi juga untuk menjaga metabolisme tubuh. Tapi bagaimana jika ternyata diet Anda tidak pernah sukses meski sudah ditambah dengan olahraga secara rutin juga?

(Baca juga: 5 Tanaman Pendukung Program Diet Anda di Rumah)

Ketahuilah karena bisa jadi kondisi rumah Anda yang jadi biang keroknya. Ya, kondisi rumah seringkali justru memberikan godaan untuk kembali mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Untuk itu ikuti tips dari Rumah.com berikut tentang bagaimana mengatur kondisi rumah sehingga dapat mendukung program diet Anda.

1. Sediakan Piring Ukuran Kecil

Ubah kebiasaan dengan menyediakan piring ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran standar. Sediakan di atas meja makan agar Anda bisa mengambilnya dengan mudah. Porsi makan yang lebih kecil tidak hanya membatasi makanan yang masuk ke tubuh tetapi juga merubah persepsi Anda tentang porsi makanan yang cukup untuk tubuh.

2. Letakkan Cermin di Ruang Makan

Apapun ukuran ruang makan yang Anda miliki di rumah, luas maupun sempit, cobalah untuk memasang cermin di ruang makan. Atur letak cermin yang bisa membuat Anda melihatnya ketika sedang makan. Cara ini sangat baik sebagai pengingat alami bahwa Anda sedang diet.

3. Miliki Tanaman yang Mendukung Program

Anda juga bisa mengisi pekarangan rumah dengan berbagai macam tanaman yang bisa mendukung asupan nutrisi dalam tubuh.

Tanaman itu antara lain lidah buaya yang berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih cepat membakar lemak, kunyit yang bisa dijadikan minuman berkhasiat untuk membentuk badan, dan cabai merah yang mengandung kalsium plus vitamin A dan C yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung serta melancarkan pencernaan.

4. Pasang Tabel Perubahan Berat Badan

Buat sebuah tabel yang menunjukkan perubahan berat badan Anda setiap minggunya. Meskipun bisa disimpan di dalam sebuah aplikasi namun akan terasa berbeda apabila Anda mencetak dan memasangnya di depan pintu kulkas. Tabel ini bisa menjadi pengingat ketika Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

(Simak juga: Pilihan perumahan yang menyediakan sarana olahraga dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

5. Siapkan Camilan Sehat

Ketika Anda melakukan rutinitas belanja mingguan, pilihlah jenis camilan atau bahan makanan yang sehat dan sesuai dengan diet pilihan. Lebih baik jika sebelumnya di rumah Anda sudah menuliskan menu makanan selama seminggu ke depan sehingga akan lebih mempercepat proses belanja.

Sediakan camilan sehat dalam beberapa wadah dan simpan dalam kulkas sehingga Anda bisa mengambilnya dengan mudah ketika merasa lapar.

6. Sediakan Peralatan Olahraga

Untuk mendukung program diet yang sedang dijalankan, sediakan peralatan olahraga seperti treadmill dumble atau gym ball. Anda juga mungkin akan membutuhkan matras untuk melakukan berbagai macam gerakan olahraga seperti sit up, plank, push up dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli perlengkapan tersebut, gunakan bangku yang tersedia untuk latihan seperti step up dan push up.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.