Sukses


Furnitur Outdoor Cepat Usang? Tidak Lagi!

Satu hal yang harus diingat adalah furnitur luar ruang, termasuk furnitur teras, adalah butuh perawatan ekstra dari furnitur dalam ruang.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti memiliki furnitur atau peralatan rumah tangga yang memang sengaja diletakkan di teras seperti kursi, meja, atau bean bag. Tujuannya sebagai lokasi nyaman Anda jika ingin menikmati secangkir teh di sore atau pagi hari sambil menikmati segarnya udara luar.

Satu hal yang harus diingat adalah furnitur luar ruang, termasuk furnitur teras, adalah butuh perawatan ekstra ketimbang furnitur dalam ruang. Anda tak boleh cuek dengan furnitur yang ada di luar ruangan, pasalnya furnitur ini justru membutuhkan perhatian lebih dibandingkan furnitur di dalam ruangan agar kondisinya tetap awet.

Pastikan tetap bersih

Meski letaknya di luar ruangan, tak semua furnitur tahan dengan cipratan air dan panasnya sinar matahari—terutama yang berbahan kayu.

Saat cuaca terlihat mendung dan siap hujan lebat, singkirkan sejenak furnitur dari terpaan langsung air hujannya. Jika memang masih ada sisa air yang menempel, segar lap hingga kering dan pastikan di lantai tidak ada air yang menggenang.

Lakukan perawatan secara berkala

Agar warna furnitur tetap mengilap dan tak cepat kusam, lakukan perawatan rutin, misalnya pelitur furnitur yang terbuat dari kayu setiap 6 bulan sekali, cat kembali furnitur yang terbuat dari besi tempa jika terlihat ada yang mengelupas untuk mencegah karat. Pasalnya jika ada bagian yang sidikit saja terpapar karat, maka karat akan menyebar.

(Simak juga: Tambah Nyentrik, Letakkan Furnitur Outdoor Ini di Dalam Rumah)

Masukkan alas duduk berbahan kain

Meski beanbag memang menarik untuk diletakkan di taman sebagai alas duduk saat Anda ingin membaca, namun jangan tinggalkan beanbag selalu di halaman. Masukkan kembali ke dalam rumah setelah Anda selesai menggunakannya. Bersihkan permukaannya dari sisa rumput, tanah, dan air sebelum menyimpannya kembali.

Pilih furnitur khusus outdoor

Bila Anda termasuk orang yang pelupa dan malas membereskan furnitur setiap kali selesai digunakan, sebaiknya pilih furnitur yang khusus untuk outdoor dan tak akan rusak meski terkena paparan sinar matahari terik, cuaca dingin, maupun terpaan air hujan.

Jika Anda memilih yang berbahan kain, pilih warna cerah untuk membuat teras Anda menjadi lebih ceria dan tak membosankan.

Tambahkan antijamur

Jika Anda teliti melihat alat perawatan di toko furnitur outdoor, tersedia obat jamur yang khusus untuk mencegah munculnya jamur sekaligus menghilangkan jamur pada furnitur—terutama furnitur kayu. Penggunaannya pun cukup disemprotkan pada permukaannya.

Tertarik mencari rumah baru yang memiliki teras lapang? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.