Sukses


Baru Tercapai 23%, PUPR Kebut Target Sejuta Rumah

Dari jumlah tersebut, total capaian kelompok sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 193.347 dan non MBR 40.978 unit

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin menyatakan pembangunan rumah bagi masyarakat dalam Program Satu Juta Rumah per bulan Mei 2017 telah mencapai angka 234.325 unit rumah.

Jumlah pembangunan rumah tersebut sudah terealisasi di seluruh wilayah wilayah Indonesia dan diharapkan bisa tercapai satu juta unit hingga akhir tahun 2017.

“Dari jumlah tersebut, total capaian kelompok sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 193.347 unit dan non-MBR 40.978 unit,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, seperti dilansir dari laman Rumah.com.

Ia menjelaskan, pihaknya berharap capaian Program Satu Juta Rumah tahun ini bisa lebih maju dari hasil pencapaian tahun 2016 lalu yang mencapai angka 805.169 unit rumah. Sementara tahun 2015 lalu jumlah capaian Program Satu Juta Rumah sekitar 700 ribuan unit.

Baca juga: Kabar Gembira, Gaji 7 Juta Bakal Dapat Subsidi Rumah

Untuk itu, pihaknya berharap kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan seperti pengembang perumahan, perbankan, pemerintah dan masyarakat untuk menyampaikan hasil pembangunan perumahan yang dibangun kepada Kementerian PUPR.

Lebih lanjut, Syarif menyatakan, dalam pembangunan Program Satu Juta Rumah pemerintah tentunya tidak bisa membangun seluruhnya. Namun demikian, berdasarkan anggaran yang tersedia pemerintah hanya mampu menangani sekitar 10 persen dari total target satu juta unit rumah.

“Kami juga mengadakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program strategis nasional ini. Dan tiap bulan kami terus update capaiannya dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan,” katanya.

(Lihat juga: Rumah Subsidi di Bogor Harga Rp140 Juta)

Dalam Program Satu Juta Rumah tahun ini, angka target pembangunan satu juta unit rumah tersebut di bagi menjadi dua kelompok sasaran.

Pertama, target pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 712.987 unit dan kedua adalah pembangunan rumah bagi non MBR sebanyak 287.013 unit rumah.

“Pemerintah terus berupaya untuk mendorong capaian target Program Satu Juta Rumah dengan berbagai kemudahan seperti di sektor pembiayaan lewat KPR FLPP, paket kebijakan pemerintah di bidang perijinan serta bantuan dalam pembangunan perumahan khususnya rumah bersubsidi bagi masyarakat,” tandasnya.

Berdasarkan laporan progress pendataan Program Satu Juta Rumah tahun 2017 yang ada di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, realisasi pembangunan rumah dengan target kelompok sasaran MBR yang dilaksanakan oleh Pemerintah telah mencapai angka 87.465 unit, Pemda 6.930 unit, asosiasi pengembang 40.848 unit, LSM/ CSR 118 unit, dan masyarakat 18.461 unit.

Sedangkan kelompok sasaran rumah untuk non MBR yang dibangun oleh pengembang sebanyak 7.075 dan masyarakat 18.275 unit.  

“Dari angka tersebut tentunya masih ada juga hasil pembangunan yang laporannya belum masuk ke kami. Tapi kami yakin capaiannya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.