Sukses


Tips Praktis Mencuci Pakaian Saat Liburan Lebaran

Anda bisa mencuci baju kotor meskipun sedang mudik atau liburan. Bagaimana caranya? Simak tips praktis berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah saat ini Anda dan keluarga sedang mudik atau berlibur ke luar kota? Pastinya akan ada banyak pakaian yang dibawa jika Anda berpergian dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika perginya bersama keluarga.

(Baca juga: Cucian Baju Menumpuk? Begini Solusinya!)

Sebenarnya Anda bisa meminimalisir barang bawaan dengan membawa baju secukupnya. Dan apabila persediaan baju bersih sudah habis, tak perlu juga harus beli baju baru. Ya, Anda bisa mencuci baju kotor meskipun sedang mudik atau liburan. Bagaimana caranya? Simak tips praktis dari Rumah.com berikut ini.

1. Pilih Jenis Bahan Pakaian

Untuk memudahkan proses pencucian, bawa baju yang memiliki karakter bahan kain tipis dan tidak terlalu tebal seperti polyster dan nylon. Bahan-bahan tersebut diketahui lebih mudah untuk dikeringkan dibandingkan bahan lain. Jadi ketika hendak menjemur pakaian Anda tidak perlu repot mencari tempat dengan sinar matahari yang banyak.

2. Bawa Perlengkapan untuk Mencuci Pakaian

Ketika berpergian dan Anda berencana untuk mencuci pakaian kotor, bawa persediaan untuk mencuci seperti deterjen dan pelembut pakaian dari rumah. Tidak hanya itu, Anda juga perlu membawa sedikit bubuk penghilang noda untuk menghilangkan noda makanan atau minuman di baju Anda.

Tidak perlu membawanya dalam bentuk satu kantung besar Anda bisa membeli deterjen dan pelembut dalam bentuk sachet untuk menghemat tempat.

3. Periksa Fasilitas Hotel

Jika Anda berpergian dan menginap di hotel, periksa apakah ada layanan mesin cuci yang bisa digunakan selama menginap. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan perabotan yang terdapat di dalam kamar mandi seperti wastafel. Sebaiknya Anda mandi terlebih dahulu sebelum mulai mencuci baju agar tidak ada pakaian kotor baru yang menumpuk.

(Simak juga: Aneka rumah dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

4. Mencuci di Wastafel

Tutup bagian dasar wastafel kemudian isi dengan air hangat. Campurkan beberapa sendok deterjen dan aduk hingga berbuih, rendam pakaian kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, kucek pakaian secara perlahan. Tambahkan sabun atau deterjen untuk membersihkan alas kaos kaki dan bagian bawah lengan baju.

5. Gunakan Handuk

Siapkan satu buah handuk kering kemudian letakkan baju yang basah di atasnya. Peras handuk tersebut berikut baju basah di dalamnya. Cara ini akan memudahkan air keluar dari baju sehingga ketika dijemur tidak banyak air yang berjatuhan serta dapat kering lebih cepat.

6. Keringkan Pakaian

Siapkan sebuah area untuk menjemur pakaian, jika Anda terpaksa menjemur di dalam ruangan usahakan agar pintu atau jendela tetap terbuka untuk menjaga sirkulasi udara agar bisa mengeringkan pakaian yang dijemur. Anda juga bisa menggantungkan pakaian di dekat kipas angin atau pendingin ruangan.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini