Sukses


Rahasia Cerdik Mobil Tetap Bersih Saat Mudik

Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi yang terfavorit. Selain lebih hemat, bisa lebih bebas dan fleksibel.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tiba. Banyak orang ramai-ramai mudik ke kampung halaman. Ada beragam pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan untuk mudik, mulai dari bus, kereta api, kapal, pesawat, atau kendaraan pribadi.

Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi yang terfavorit. Selain lebih hemat, bisa lebih bebas dan fleksibel. Jika Anda berencana mudik dengan mobil pribadi, penting untuk selalu menjaga kebersihannya. Apalagi Anda akan menempuh perjalanan panjang.

Berikut ini beberapa tip dari Rumah.com untuk membuat mobil tetap bersih selama perjalanan sehingga nyaman sampai tujuan..

Bersihkan Sebelum Berangkat

Sebelum digunakan untuk perjalanan jauh, sebaiknya cuci mobil Anda lebih dahulu. Cuci bagian eksterior dan interior kendaraan. Pastikan hingga semua sudut-sudut di dalam mobil bebas dari kotoran. Setelah dibersihkan tambahkan pengharum mobil sehingga udara di dalam selalu segar.

Singkirkan Barang yang Tak Perlu

Setelah mobil bersih, cek kembali isi mobil Anda di setiap celah. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan untuk mudik sehingga menyisakan ruang kosong. Ingat, saat mudik Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan barang.

Tak hanya untuk menaruh tas, tetapi juga barang-barang lain seperti camilan, bantal, buku, mainan anak, dan sebagainya.

(Simak juga: Kreatif, Mobil Ini Disulap Jadi Rumah Berjalan)

Bawa Alat Pembersih

Saat mudik siapkan beberapa alat pembersih sedehana untuk menjaga mobil tetap bersih. Anda bisa menyiapkan alat-alat, seperti sapu dan pengki mini, atau penghisap debu portable. Ini berguna untuk membersihkan serpihan-serpihan sisa makanan yang jatuh.

Siapkan juga tempat sampah atau beberapa plastik kresek untuk menampung sampah di mobil. Anda dapat membuangnya saat mengisi bensin, saat berhenti di rest area, atau saat berhenti untuk makan.

Untuk menjaga kebersihan diri, Anda perlu siapkan tisu kering dan basah, serta beberapa lap kering, dan disinfektan.

Makan, Ada Aturannya

Anda boleh saja membawa beragam makanan dan minuman saat mudik. Namun berikan sedikit aturan. Selama perjalanan Anda hanya boleh memakan camilan-camilan kering, misalnya snack, kue kering, kue bolu, kacang-kacangan dan makanan kering lain.

Untuk makanan basah, hindari membawa makanan yang memerlukan sambal atau tambahan bumbu. Jika perlu Anda hanya boleh mengonsumsinya di luar mobil saat berhenti.

Mudik bersama keluarga menggunakan mobil pribadi memang cukup melelahkan, namun dibandingkan menggunakan angkutan umum seperti pesawat terbang, biayanya bisa jauh lebih murah.

Bagi Anda yang sedang berencana pindah ke rumah yang lebih besar atau lebih dekat dengan pusat kota, selisih ini bisa Anda manfaatkan untuk tambahan DP rumah baru . Sedang mencari rumah baru? Simak puluhan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.