Sukses


Tak Mau Pulang Liburan Disambut Kecoa? Ini Tipsnya!

Seringkali rumah yang ditinggal cukup lama menjadi lokasi nyaman bagi kecoa, semut, dan cicak. Tentunya Anda tak ingin ini terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari raya atau saat berencana melakukan perjalanan liburan yang cukup lama, pertimbangan utama adalah rumah yang kosong. Bukannya Anda tak yakin dengan sistem keamanan di rumah, melainkan Anda lebih memikirkan kebersihannya.

Seringkali rumah yang ditinggal cukup lama menjadi lokasi nyaman bagi kecoa, semut, dan cicak. Tentunya Anda tak ingin begitu memasuki rumah, Anda mencium aroma hewan yang tak sedap. Agar tak terjadi pada Anda, lakukan trik dari Rumah.com berikut.

Bersihkan rumah sebelum berangkat liburan

Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kotor dan berantakan karena sudah pasti akan didatangi kecoa. Melihat banyaknya kecoa di rumah, cicak pun akan mendatangi rumah Anda untuk berburu kecoa.

Setelah berkemas, pastikan tidak ada serpihan makanan—sisa bekal Anda—yang berceceran di lantai. Lalu buanglah semua sampah yang ada di tempat sampah di dalam rumah ke tempat sampah di luar.

Pastikan lemari tertutup rapat

Anda wajib memerhatikan seluruh lemari yang ada di dalam rumah Anda. Pastikan semua tertutup tanpa celah, terutama lemari untuk menyimpan bahan makanan.

Dapur pun harus dipastikan bersih dari sisa minyak, jadi lap seluruh permukaan kompor dan meja tempat meletakkannya.

Keluarkan tanaman

Jika Anda menyimpan beberapa tanaman di dalam rumah, sebaiknya keluarkan dahulu selama Anda pergi. Anda tak akan bisa memastikan tanaman tersebut akan memiliki cukup air atau sinar matahari selama ditinggal sehingga berisiko akar dan batangnya membusuk.

Akar yang busuk akan mengundang semut dan jamur muncul di permukaannya. Akibatnya tanaman menjadi berbau tak sedap dan memenuhi ruangan rumah Anda.

Jaga ruangan agar tetap sejuk

Kecoa dan cicak sangat menyukai ruangan yang pengap dan panas, jadi jagalah rumah Anda agar kondisi di dalamnya tetap sejuk. Caranya, Anda tetap harus memasang tirai tipis pada jendela, dan tutup lubang angin dengan kawat kasa.

Hal ini membuat ruangan di dalam rumah tetap mendapatkan sinar matahari sekaligus membuat sirkulasi udara di dalamnya mengalir dan tetap sejuk.

(Simak juga: Cara Alami Bikin Lalat Ogah Mampir ke Rumah)

Tinggalkan pengharum ruangan di lantai rumah

Aroma segar pengharum ruangan cenderung dihindari kecoa. Ketika Anda selesai membersihkan rumah dan siap untuk berangkat liburan, tinggalkan beberapa pengharum ruangan di dalam kamar, dapur, dan ruang keluarga Anda.

Letakkan pula kamper atau kapur barus agar aroma ruangan tetap segar. Letakkan benda ini di sudut-sudut rumah, atau celah yang biasanya menjadi jalan masuk kecoa.

Bersihkan kolong meja

Area sudut yang gelap disukai kecoa dan cicak sebagai tempat persembunyiannya. Bersihkan area belakang lemari, kolong meja dan ranjang, serta bagian atas lemari agar tak lagi ada debu yang menjadi lokasi persembunyian kecoa.

Kecoa muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah mulai Rp500 Juta di sini.

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.