Sukses


7 Langkah Agar Libur Lebaran Tetap Sehat dan Bugar

Kondisi badan yang masih beradaptasi dari pola berpuasa membuat daya tahan tubuh rentan terserang penyakit. Agar tetap bugar, simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Setelah Hari Raya, biasanya orang-orang akan memutuskan berlibur untuk menghabiskan jatah cuti lebaran. Destinasi yang dipilih pun beragam, ada yang memilih liburan ke negeri tetangga, ada pula yang hanya berkendara ke luar kota.

(Baca juga: Tips Menyimpan Kue Kering)

Meski demikian, kondisi badan yang masih beradaptasi dari pola berpuasa membuat daya tahan tubuh rentan terserang penyakit. Dan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan siap menjalani aktifitas seperti biasa, simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Mulai Pola Makan Baru Secara Teratur

Jika di bulan puasa Anda hanya dua kali makan, yaitu ketika sahur dan berbuka, maka perlahan-lahan terapkan pola makan tiga kali sehari secara teratur. Setiap pagi sarapan satu jam setelah bangun tidur. Kemudian lanjutkan makan siang maksimal lima jam sesudahnya.

Pola makan yang sering namun dengan porsi sedikit bisa memaksimalkan metabolisme, memperbaiki tekanan darah, dan menstabilkan selera makan Anda.

2. Minum Banyak Air Mineral

Air bisa menunjang metabolisme yang optimal bagi tubuh Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi cukup air mineral bisa membuat badan tetap ramping dan sehat. Idealnya minum air setidaknya 2 sampai 2,5 liter per hari. Dan disarankan setelah bangun tidur minum air putih sebotol penuh.

3. Kurangi Konsumsi Lemak

Karbohidrat berperan penting untuk pembakaran kalori dan mendukung aktivitas sehari-hari. Jadi daripada menghindari karbo sebaiknya kurangi porsi lemak dan pilih menu vegetarian. Sebagai contoh Anda bisa konsumsi sayur-sayuran dan nasi merah. Sebagai alternatif, asupan lemak bisa Anda dapat dari minyak kelapa (virgin coconut oil), alpukat, dan kacang almond.

(Simak juga: Pilihan rumah mulai dari harga Rp300 jutaan)

4. Cukup Istirahat

Menurut Ashley Koff, penulis buku Mom Energy: A Simple Plan To Live Fully Charged, salah satu hal penting dalam pola hidup sehat adalah istirahat yang cukup dan teratur. Kurang istirahat bisa memicu Anda mengidam-idamkan makanan manis ketika bangun tidur.

5. Konsumsi Magnesium Sebelum Tidur

Saat-saat sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya yang kaya akan kandungan magnesium. Makanan seperti biji labu atau almond memiliki kadar magnesium yang tinggi dan berfungsi menurunkan tingkat stres sebelum tidur. Namun Anda juga bisa mendapat asupan magnesium dari suplemen makanan.

6. Selipkan Jamur dalam Menu Makan

Beberapa jenis jamur seperti shiitake, maitake, dan oyster bisa diolah menjadi menu makan yang lezat. Ketiganya pun bisa berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

7. Konsumsi Lebih Banyak Kadar Alkaline

Bahan makanan dengan kadar alkalin tinggi seperti daun parsley, buah pir, dan lemon bisa menyeimbangkan kadar Ph dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah mengurangi inflamasi, dan menjaga tekanan gula darah agar tetap stabil.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini