Sukses


Furnishing Hemat, Beli Saja Sofa Bekas

Harga yang tinggi sering membuat kita urung untuk membeli sofa dan beralih ke perabot lain yang mungkin tidak terlalu Anda sukai.

Liputan6.com, Jakarta Sofa sering menjadi pilihan furnitur utama untuk mengisi ruang keluarga. Selain nyaman, keberadaan sofa juga membuat ruang tampak lebih apik dan menarik. Masalahnya harga jual sofa baru memang relatif mahal.

Harga yang tinggi sering membuat kita urung untuk membeli sofa dan beralih ke perabot lain yang mungkin tidak terlalu Anda sukai. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menyiasatinya.

Yap, menghias sebuah ruang dalam hunian tak harus selalu menggunakan barang-barang baru. Cobalah membeli sofa bekas untuk mengisi hunian Anda. Hal ini berguna untuk menghemat bujet Anda.

Perlu Anda tahu, kualitas barang bekas tak selalu buruk. Anda hanya harus lebih teliti sebelum membelinya. Dikutip dari Rumah.com, berikut panduan untuk membeli sofa bekas.

Cek Kelenturan Sofa

Hal utama pada sebuah sofa adalah sistem kelenturan. Untuk mengecek kualitas kelenturan sofa dan mengetahui ada tidaknya kerusakan di dalam, Anda harus mencoba duduk di atasnya. Rasakan kelenturannya.

Jika kelenturan sofa kembali setelah 5 menit dipakai artinya kondisi sofa masih cukup baik. Sebaliknya, jika setelah 5 menit dipakai kelenturan sofa tak kembali, artinya sofa sudah rusak.

Terkadang pemilik sofa sengaja menjual karena memang sistem kelenturan sofa sudah rusak. Jika Anda mendapatkan sofa yang tak lagi memiliki sistem kelenturan sebaiknya jangan dibeli.

Cek Cover Sofa

Sebelum membeli sebaiknya cek keadaan cover sofa bekas. Perhatikan setiap detailnya, untuk mengetahui adanya kerusakan-kerusakan.

Jika menemukan kerusakan pada cover, perhitungkan biaya untuk memperbaikinya. Apakah cukup dengan dijahit, atau diganti keseluruhan. Ini akan menentukan harga sofa bekas seutuhnya.

(Simak juga: Tips Bikin Sofa Lama Jadi Seperti Baru)

Cek Sandaran

Setelah mengecek cover, cek juga bagian sandaran sofa. Sandaran sofa sekaligus penyokong sofa. Jika agak goyah pastikan dapat diperbaiki.

Namun, jika ada keretakan atau patah sebaiknya jangan dibeli karena perbaikan untuk sandaran yang patah akan lebih sulit dan menelan biaya besar. Pengecekan sofa dapat Anda lakukan sendiri atau meminta bantuan teknisi sofa.

Hitung Biaya Perbaikan

Barang bekas tentu dijual tidak dalam keadaan 100 persen baik. Karena itu, penghitungan biaya perbaikan sangat penting dilakukan. Meski harga sofa bekas cukup murah, tetapi jika harga perbaikannya sangat banyak maka menjadi tidak ekonomis.

Umumnya, Anda akan mengganti cover sofa bekas keseluruhan setelah membeli. Pilih jasa perbaikan sofa yang baik dan murah sehingga tetap ekonomis.

Membeli perabotan bekas menjadi salah satu trik untuk mengisi rumah, terutama jika dana sudah terkuras untuk membeli rumah baru. Tertarik memiliki rumah baru? Simak pilihannya di sini dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Foto: pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.