Sukses


Begini Cara Packing yang Praktis Bagi Si Pemalas

Jika Anda seseorang yang sering menunda packing karena malas atau bingung menyusun barang yang harus dibawa, simak tips dan trik berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halamannya. Dan pada saat mudik seperti ini biasanya bermacam barang bawaan akan dibawa serta, mulai dari pakaian ganti hingga oleh-oleh untuk sanak saudara.

(Baca juga: Hitung-Mundur Persiapan Agar Mudik Lancar)

Nah, jika Anda seseorang yang sering menunda packing sehingga baru mulai sehari sebelum atau menjelang keberangkatan karena malas atau bingung menyusun barang-barang yang harus dibawa, simak tips dan trik paling efektif yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Perhatikan Kondisi Cuaca

Agar Anda mengenakan bahan pakaian yang cocok digunakan selama dalam perjalanan mudik, perhatikan kondisi cuaca saat ini. Jika sedang musim panas, pilih pakaian dengan bahan yang ringan dan apabila saat ini sedang musim hujan maka Anda bisa membawa pakaian ekstra seperti jas hujan dan payung. Jangan lupa membawa jaket jika kampung halaman Anda bersuhu udara dingin.

2. Pilih Pakaian Berdasarkan Hari

Anda bisa memilih baju berdasarkan jumlah hari liburan dan jenis aktivitas yang akan dijalani di kampung halaman. Misalnya Anda akan mengenakan baju untuk sholat Ied di pagi hari dan berpergian ke rumah saudara di sore harinya, maka sebaiknya siapkan kedua baju tersebut di hari pertama lebaran.

Jika Anda berpergian untuk waktu lama dan lebih dari dua minggu, pertimbangkan bawa baju yang bisa dikenakan ulang supaya tidak terlalu banyak membawa baju.

(Simak juga: Pilihan perumahan dengan fasilitas keamanan dengan harga di bawah Rp1 miliar)

3. Pisahkan Peralatan Mandi dan Kosmetik

Siapkan semua peralatan mandi dan kosmetik dalam satu kantong atau tas kecil khusus yang kedap air sehingga jika tumpah, baju Anda tidak akan menjadi basah. Apabila perjalanan mudik Anda menggunakan pesawat, simpan peralatan mandi dengan ukuran 100 ml di dalam check in luggage, ddan gunakan zip lock untuk keamanan.

Anda juga bisa menyimpan krim atau lotion favorit di tempat penyimpanan lensa kontak agar lebih hemat.

4. Simpan Pakaian dengan Lipat atau Gulung

Dua trik yang berbeda ini dibutuhkan dalam setiap kegiatan packing karena meskipun t-shirt, dress, dan pakaian kasual lain yang memiliki bahan tidak mudah kusut bisa digulung rapat untuk menghemat tempat namun untuk kemeja, gaun formal, dan pakaian yang mudah kusut lainnya sebaiknya tetap dilipat sepeti biasa. Begitu pun dengan pakaian berbahan tebal seperti jeans, jaket dan sweater.

5. Gunakan Bagian dalam Sepatu

Anda bisa menggunakan bagian dalam sepatu untuk menyimpan barang-barang seperti kaos kaki atau bahkan perhiasan kecil. Agar tidak tercecer, gunakan kantong khusus untuk menyimpan perhiasan sebelum memasukkannya ke dalam sepatu.

6. Manfaatkan Celah di Antara Benda di dalam Koper

Jika koper sudah sangat penuh, manfaatkan celah-celah yang ada di antara benda di dalam koper untuk menyelipkan pakaian dalam dan kaos kaki. Anda juga bisa menyimpan benda-benda yang rapuh di bagian tengah koper agar tidak mudah rusak. Namun, agar lebih tenang sebaiknya tidak membawa benda-benda yang rapuh atau pecah belah saat berpergian.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.