Sukses


Rumah Langsung Bersih Setelah Gelar Buka Bersama

Saat menyiapkan rumah untuk menggelar buka bersama, siapapun pasti bersemangat. Beda halnya setelah acara selesai. Rasa malas melanda.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Anda pasti pernah menjadi lokasi untuk berkumpul dengan teman dan keluarga besar. Mulai dari arisan, buka bersama, bahkan halalbihalal di hari raya pun diadakan di rumah Anda.

Setiap orang pasti bersemangat menyiapkan rumah agar acara sukses digelar. Sebaliknya, rasa malas melanda saat acara selesai karena melihat rumah 'berantakan'. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini tips membersihkan rumah yang efektif dan terasa lebih ringan.

Bersihkan seluruh ruangan

Tak sedikit ceceran makanan dan tumpahan minuman yang mungkin menimpa lantai rumah Anda. Untuk menghindari datangnya semut dan kecoa, pastikan selalu menyapu dan mengepel ruangan yang dijadikan tempat berkumpul agar tidak menjadi lengket dan lembap. Lantai yang lengket akan mendatangkan bakteri.

Sortir sampah hingga ke halaman

Jangan hanya membersihkan ruang tamu atau ruang keluarga dari sampah, tapi sortirlah hingga ke halaman. Halaman dan teras sering menjadi sasaran tamu pria untuk merokok atau mengobrol sambil menikmati segarnya udara luar.

Bersihkan lantai teras serta area rumput dan tumbuhan pendek, pastikan tidak ada rokok, sampah bekas minuman kemasan, dan sisa makanan yang masih ada di sana.

Bersihkan ruang makan

Meski tak seluruh tamu menggunakan ruang makan untuk bersantap—kebanyakan lebih senang makan di ruang keluarga agar bisa mengobrol—Anda tetap harus membersihkan ruang makan.

Area untuk menyajikan makanan tak pernah lepas dari remah makanan dan tumpahan kuah makanan. Pel lantai ruangan agar tidak ada aroma makanan yang masih tersisa yang berisiko mengundang tikus.

(Simak juga: Trik Agar Sukses Gelar Buka Bersama di Rumah)

Vacuum karpet dan sofa rumah

Beberapa tamu yang dating mungkin ada yang tetap menggunakan sepatu atau sandalnya di dalam rumah. Ada pula yang sebelumnya berada di luar ruangan dan menggunakan pakaian yang tidak sepenuhnya bersih.

Untuk itu, vacuum karpet dan sofa Anda untuk menghindari masih adanya debu di permukaannya.

Segera kosongkan tempat sampah dapur

Jangan biarkan tempat sampah yang ada di dapur dan dekat ruang cuci piring dibiarkan hingga menumpuk karena menimbulkan aroma tak sedap dan akan mengundang lalat. Bersihkan seluruh peralatan makan yang sudah digunakan, keringkan, dan segera simpan di lemari. Untuk makanan yang tersisa, tempatkan di wadah yang lebih kecil dan simpan di dalam kulkas jika Anda masih ingin mengonsumsinya nantinya.

Ada orang yang gemar mengundang atau menyelenggarakan acara informal di rumah, seperti buka bersama, arisan, atau sekedar kumpul-kumpul. Untuk mengakomodir kegiatan tersebut dengan nyaman, Anda perlu memiliki rumah yang lebih luas. Lihat pilihan rumah dengan tiga kamar tidur dengan harga mulai Rp1 miliar di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini