Sukses


Kamar Tamu Jarang Dipakai? Manfaatkan untuk Ini!

Di beberapa rumah, kamar tamu lebih sering kosong ketimbang terisi. Agar tak mubazir, simak cara memanfaatkannya seperti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membeli rumah, ada kalanya Anda memilih rumah yang kamarnya lebih dari yang dibutuhkan. Alasannya jika mertua, orangtua, atau tamu lainnya datang dan ingin menginap, Anda memiliki kamar kosong.

Sebelum memutuskan Anda memiliki kamar tamu, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan trik dari Rumah.com berikut ini, pasalnya kamar tamu bisa digunakan untuk ruangan lainnya.

Gunakan sebagai ruang kerja

Pertimbangkan dahulu seberapa sering tamu menginap di rumah Anda. Jika hanya sesekali tak perlu, kan, Anda menyiapkan kamar khusus. Akibatnya kamar ini menjadi lembap karena jarang digunakan.

Sebaiknya gunakan kamar tamu sebagai ruang kerja—terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis di rumah. Bonusnya, Anda tak perlu membiarkan kamar tidur berantakan oleh berkas kerja Anda.

Sebagai ruang bermain dan belajar anak

Jangan satukan ruang bermain dengan kamar si kecil. Pasalnya melihat beragam mainannya, si kecil akan sulit untuk diajak tidur dan belajar.

Gunakan kamar tamu sebagai ruang bermain atau ruangannya untuk belajar. Dampingi anak setiap kali bermain. Sediakan papan tulis agar anak tak mencorat-coret dinding.

(Simak juga: Tiga Hal Ini Wajib Dibersihkan Sebelum Tamu Datang)

Manfaatkan sebagai ruang penyimpanan

Jika Anda masih membiarkan beberapa barang berserakan di ruang yang bukan untuk menyimpan—misalnya kamar tidur, ruang tamu, ruang makan—berarti belum waktunya punya kamar tamu.

Daripada menyia-nyiakan ruangan kosong untuk tamu yang berlum tentu sering datang, sebaiknya gunakan ruangan tersebut untuk menyimpan barang Anda. Jika Anda mengoleksi pakaian, sepatu, atau tas yang lumayan banyak, kamar ini bisa dijadikan walking closet Anda, kan.

Memperluas area keluarga

Perhatikan rumah Anda, jika rumah Anda termasuk mungil dan sempit, tak perlu memiliki kamar tamu. Hancurkan pembatas dindingnya dan gunakan kamar ini untuk memperluas area keluarga agar ruangan menjadi lebih lapang dan Anda leluasa bergerak.

Jika memang kedatangan tamu yang menginap, sofa atau menggelar kasur di ruang keluarga bisa jadi pilihan lokasi tidur.

Silaturahmi adalah hal penting dalam adat istiadat Nusantara. Biasanya, acara berkumpul keluarga diadakan di keluarga tertua atau yang dituakan. Jika Anda adalah yang dituakan dalam keluarga, mau tak mau, Anda harus memiliki kamar tamu agar sanak saudara yang datang dapat berkumpul dan menginap dengan nyaman.

Merasa saatnya pindah ke rumah baru yang lebih luas? Lihat pilihan rumah dengan tiga kamar tidur dengan harga mulai Rp1 miliar di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini