Sukses


Salah Pilih Lampu Kamar bisa Bikin Tidur Tak Nyenyak

Penelitian menyebutkan tidur dengan penerangan yang temaram akan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebutkan tidur dengan penerangan yang temaram akan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak. Suasana yang terlalu terang atau terlalu gelap justru akan membat tidur menjadi kurang nyaman.

Untuk itu, tak ada salahnya Anda menggunakan lampu tidur di kamar. Agar lampu tersebut berguna untuk membuat kamar temaram sekaligus dapat digunakan untuk membaca, berikut tip memilihnya.

Sesuaikan dengan ukuran kamar

Meski hanya diletakkan di meja, ukuran lampu juga memengaruhi daya terangnya. Jika memang kamar Anda mungil, jangan memilih lampu besar, pilihlah lampu kecil dengan cahaya yang lembut. Lampu terlalu besar malah membuat kamar semakin menyilaukan.

Ada tombol pengaturan cahaya

Pilihlah lampu yang dapat diatur penerangannya dengan menggunakan tombol atau memutar batang lampu tersebut. Buatlah agar Anda dapat mengatur besar dan kecilnya cahaya, termasuk pengaturan cahaya saat Anda ingin membaca sesaat di kamar.

Warna dinding

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah warna dinding. Jika Anda menggunakan warna dinding yang cerah seperti orange dan kuning, warna lampu akan menjadi menyilaukan dan membuat Anda susah tidur. Pilih cat dinding yang soft seperti krem, dan biru muda.

(Simak juga: Tips Memilih Warna Kamar Tidur)

Penempatan lampu

Sebaiknya hindari lampu meja yang tingginya sejajar dengan mata Anda untuk menghindari silau saat melihatnya. Jika memang ingin digunakan sebagai dekorasi kamar, sebaiknya pilih lampu yang bisa diletakkan di dinding, misalnya diletakkan di bawah rak atau ambalan. Jika Anda ingin menggunakan lampu meja, letakkan agar berjauhan dari ranjang Anda.

Bentuk lampu

Kini banyak lampu dengan berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan dekorasi kamar. Beberapa lampu bahkan glow in the dark dan memberikan kesan nyaman dan seakan ada di dunia mimpi. Pilihlah lampu yang sinar dan bentuknya membuat Anda selalu tersenyum dan tenang saat melihatnya.

Saat ini sudah banyak trik menata ruangan dan furnitur yang sesuai dengan rumah kecil, sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk segera beli rumah, meski baru mampu yang kecil. Tertarik membeli rumah di  bawah Rp500 Juta? Lihat puluhan pilihannya di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini