Sukses


Sambut Ramadan: Yuk, Bikin Musala di Rumah Lebih Nyaman

Namun agar musala tetap nyaman dan Anda selalu menggunakannya, pastikan Anda mengaturnya seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Agar lebih nyaman menjalankan ibadah sekaligus lebih konsentrasi, Anda pun ingin membuat musala sendiri di rumah. Mengingat keterbatasan ruangan di rumah, musala pun hanya dibuat di sudut ruangan yang luasnya tak lebih dari 2x2 meter.

Namun agar musala tetap nyaman dan Anda selalu menggunakannya, pastikan Anda mengaturnya seperti tips dari Rumah.com berikut ini.

Tambahkan partisi

Agar musala tidak bercampur dengan ruangan lainnya, tambahkan partisi yang unik sebagai dinding musala Anda.

Anda bisa memilih partisi yang bagian tengahnya tetap dapat digunakan sebagai celah untuk menyimpan aksesori rumah, seperti buku, frame foto, atau vas bunga kecil.

Jangan biarkan gelap

Kadang, musala dibiarkan di dalam ruangan yang gelap sehingga jika Anda lihat lagi tempat tersebut lebih cocok dijadikan gudang daripada musala.

Pastikan musala tetap mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang nyaman. Misalnya, musala ditempatkan di bagian dinding yang tak jauh dari jendela.

Tambahkan pengharum ruangan

Gantunglah pengharum ruangan di dekat musala sehingga aroma ruangan selalu wangi dan segar.

Anda juga bisa menambahkan aroma terapi yang dibakar atau diuapkan sehingga aroma segarnya mengalir masuk ke area musala dan memudahkan Anda beribadah dengan fokus.

(Simak juga: Tips Menciptakan Spot Tadarus di Rumah)

Jangan menumpuk peralatan salat

Kebiasaan Anda lainnya, nih, terbiasa menumpuk peralatan salat di musala sehingga menyebabkan aroma ruangan menjadi apak.

Biasakan mengganti peralatan salat seperti sejadah, sarung dan mukena setiap minggu, karena membiarkannya menumpuk akan menimbulkan jamur dan lembap. Sebaiknya siapkan boks khusus untuk menyimpan alat salat sehingga tidak Anda biarkan berceceran di lantai.

Sortir peralatan salat

Layaknya pakaian, peralatan salat pun wajib disortir. Mukena, sarung, dan sejadah yang sudah usang sebaiknya disingkirkan atau disumbangkan jika memang masih layak pakai.

Lalu, sortir Alquran yang ada di meja atau di area salat. Jangan menyimpan yang setiap halamannya sudah lapuk, karena berisiko mengundang kecoa.

Merasa tak punya sisa ruang untuk musala? Mungkin sudah waktunya Anda pindah ke rumah baru yang lebih luas. Tertarik mencari rumah baru? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp750 jutaan.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.