Sukses


Puasa Bukan Alasan Malas Bersihkan Rumah. Ini Tipsnya!

Padahal, ngabuburit membersihkan rumah bikin puasa menjadi lebih tak terasa. Ini caranya agar rumah lebih mengilap menjelang hari raya.

Liputan6.com, Jakarta Harus diakui membersihkan rumah saat puasa memang butuh mood yang bagus. Stamina saat puasa tentu berbeda di hari biasa, sehingga rasanya cukup berat untuk melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan rumah.

Saat puasa, Anda cenderung mengantuk dan memilih sekadar leyeh-leyeh—apalagi saat weekend—sambil menunggu datangnya waktu berbuka.

Padahal, jika Anda menggunakannya untuk membersihkan rumah, puasa menjadi lebih tak terasa. Dikutip dari Rumah.com, ini caranya agar rumah lebih mengilap menjelang hari raya.

Mulailah dari yang paling ringan

Buatlah jadwal menyapu setiap hari minimal dua jam sebelum berbuka puasa. Sedangkan waktu mengepel lantai adalah setiap dua hari sekali. Tenang, sedikit cipratan air di tangan dan kaki Anda akan membuat Anda menjadi lebih segar dan semangat, kok.

Ubah jadwal olahraga

Selama puasa tentu Anda mengurangi aktivitas fisik seperti olahraga. Sebagai gantinya ubahlah rutinitas olahraga menjadi membersihkan rumah. Misal, jika setiap minggu Anda menjalankan yoga, renang, atau lari selama tiga kali, sekarang ubah jadwal itu.

Olahraga cukup dilakukan seminggu sekali, sementara dua jadwal lainnya diganti dengan mengelap jendela dan membersihkan furnitur.

Dengarkan musik

Pasanglah musik setiap kali Anda membersihkan rumah dan nyalakan musik yang nge-beat dan penuh semangat. Sambil bernyanyi atau mendendangkan lagu, urusan pekerjaan rumah akan menjadi lebih ringan.

(Simak juga: Tiga Langkah Bikin Puasa Lancar Jaya)

Beri reward untuk diri sendiri

Selalu siapkan menu berbuka yang sedap untuk diri sendiri dan keluarga sehingga Anda semangat untuk menunggu waktu berbuka. Buat aturan untuk anggota keluarga, jika mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, ada es buah segar buatan Anda yang menanti di waktu berbuka nantinya.

Lalu, Anda juga sudah menyiapkan hidangan lainnya yang sudah Anda idamkan selama puasa. Pokoknya pekerjaan rumah harus rapi dahulu sebelum bisa menyantap hidangan tersebut.

Bersihkan karpet dan tirai di awal puasa

Karpet dan tirai sebaiknya dicuci sebelum memasuki pertengahan puasa. Gunakan jasa laundry untuk mencucinya. Jangan lupa, Anda pun harus membersihkan jalur tirai yang menempel di jendela untuk memastikan tak ada lagi debu.

Tirai yang bersih dan harum akan membuat rumah menjadi lebih nyaman, dan Anda tak perlu takut anak mengalami batuk atau bersin saat memegang tirai tersebut.

Salah satu hal yang menguras tenaga saat membersihkan rumah adalah ruas ruangan. Jika Anda tak terlalu membutuhkan rumah yang luas, lebih baik cari rumah yang sesuai. Tertarik mencari rumah? Temukan pilihan rumah dengan dua kamar tidur dengan harga Rp300 jutaan di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.