Sukses


Menyimpan Makanan di Kulkas Tidak Boleh Asal!

Menyimpan makanan tidak bisa sembarangan, ada hal yang harus diperhatikan. Dan berikut adalah panduan untuk menyimpan makanan di kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Ketika meletakkan makanan di dalam kulkas, sebagian orang ternyata masih belum memahami aturan tentang penyimpanan yang benar. Kebiasaan ini jelas bisa membuat makanan atau minuman yang disimpan jadi cepat rusak atau membusuk.

(Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kulkas)

Padahal sebenarnya ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menjaga kualitas makanan agar tahan lama di dalam kulkas. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan makanan seperti: Bagaimana cara mencegah makanan agar tidak rusak atau basi, tipe wadah makanan yang digunakan, dan berapa lama makanan bisa bertahan di dalam kulkas atau freezer.

Dan berikut adalah beberapa aturan menyimpan makanan yang benar di kulkas yang dikutip dari Rumah.com dan beberapa sumber lainnya.

Daging, Ikan, dan Unggas

Untuk menjaga daging, ikan, dan unggas agar tetap segar, biarkan mereka tetap tertutup rapat di dalam kemasannya ketika dibeli dari swalayan. Namun tak ada salahnya juga jika Anda membungkus ulang daging dengan plastik bungkus PP (Polypropylene) untuk mencegah makanan terkena bakteri berbahaya.

Jika daging tidak dibungkus dengan alas styrofoam, Anda bisa memberi alas piring terlebih dulu sebelum dibungkus.

Produk olahan Susu

  • Biarkan keju, yogurt, krim asam, susu, dan butter di dalam wadah kemasan ketika dibeli. Namun ketika sudah memindahkan susu ke dalam teko minuman atau krim ke dalam mangkuk, jangan kembalikan lagi ke wadah kemasan. Supaya tetap steril, bungkus rapat mangkuk penyajian atau ujung teko dengan plastik bungkus PP.
  • Letakkan keju padat di wadah tertutup yang rapat sampai Anda ingin menggunakannya. Jika ingin disimpan kembali, bungkus dengan alumunium foil atau plastik makanan.
  • Kemasan botol susu plastik relatif lebih steril daripada kemasan karton. Bakteri bisa berkembang di sekat kardus dan bisa masuk ke dalam gelas setiap kali Anda menuangkan susu ke dalam gelas. Meski demikian, selagi Anda mengonsumsi susu sesuai jangka waktu yang ditentukan maka susu kemasan karton masih terbilang aman untuk dikonsumsi.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan fasilitas keamanan yang baik dengan harga di bawah Rp1 miliar)

Buah dan Sayur-Mayur

  • Simpan buah dan sayuran terpisah sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya, apel dengan apel, wortel dengan wortel. Buah dan sayuran bisa mengeluarkan gas yang berbeda dan merusak kualitas antara satu dengan yang lainnya.
  • Simpan buah dan sayuran yang cepat mengering pada wadah plastik berlubang atau tidak tertutup rapat. Tujuannya agar tetap lembab dan membuat sirkulasi udara di permukaan buah terjaga.
  • Jangan mencuci sayur dan buah segar sebelum disimpan ke dalam kulkas. Sisa air yang menempel bisa membuat permukaan lembab dan membuatnya melembek dan cepat busuk.

Makanan Sisa

  • Simpan semua makanan sisa di wadah kontainer yang tertutup rapat atau dibungkus rapat dengan plastik makanan.
  • Letakkan sisa makanan di wadah yang lebih kecil agar lebih cepat mendingin. Beberapa jenis bakteri dan jamur ada yang bertahan dalam proses pemasakan dan bisa berkembang biak jika makanan disimpan di suhu ruangan terlalu lama.
  • Simpan makanan sisa di dalam kulkas dalam waktu dua jam setelah memasak. Anda tak perlu menunggu masakan panas menjadi suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas karena kulkas moderen bisa mengendalikan suhu dengan baik.
  • Jangan memasukkan makanan sisa seperti saus atau makanan lain yang ada di dalam kaleng. Ketika makanan kaleng dibuka, partikel logam yang terbuka bisa menempel ke makanan dan meninggalkan rasa logam.
  • Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. udara dingin di dalam interior kulkas harus mengalir lancar untuk menjaga makanan di suhu yang aman.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini