Sukses


Mau Ibadah Puasa Lancar? Ini Rahasianya!

Di bulan Ramadan setiap amal ibadah ydijanjikan akan mendapat ganjaran pahala berkali lipat. Dan agar ibadah Anda lancar, simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang beragama Islam, bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Di bulan ini setiap amal ibadah yang dilakukan dijanjikan akan mendapat ganjaran pahala yang berkali lipat.

(Baca juga: 5 Area di Rumah yang Wajib Dibersihkan Saat Ramadan)

Karenanya serangkaian ibadah seperti berpuasa, membaca (tadarus) Al-Qur’an, dan sholat Tarawih menjadi kegiatan ‘rutin’ di bulan penuh berkah ini. Dan agar semua kegiatan ibadah di bulan Puasa ini berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan di rumah.

Apa saja persiapan yang bisa dilakukan tersebut? Simak ulasan dari Rumah.com berikut ini.

1. Renovasi Kecil dan Bersih-bersih Rumah

Umumnya, menjelang hari raya Idul Fitri, sebagian orang sibuk mempersiapkan rumahnya agar nampak bersih dan rapi. Mulai dari renovasi pagar, mengecat dinding, sampai dengan merapikan pekarangan. Akibatnya, sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan yang seharusnya dijalani dengan khusyuk beribadah malah menjadi hari-hari yang melelahkan.

Solusinya, Anda bisa melakukan kegiatan ini menjelang atau di awal bulan Ramadhan. Lakukan dengan cara ‘dicicil’ seperti mengecat ulang dinding rumah lebih dulu agar nampak bersih, mengganti tirai, membersihkan perabotan dan lain sebagainya. Dengan demikian Anda bisa lebih siap dan fokus beribadah di pengujung Ramadan.

2. Mempersiapkan Menu dan Sajian di Bulan Ramadhan

Ibadah puasa di tengah aktivitas harian tentunya membuat Anda harus lebih memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Ingat, tubuh Anda tetap butuh kalori yang cukup meskipun ada perubahan pola makan dari 3 kali sehari menjadi 2 kali. Untuk itu, siapkan beberapa menu praktis dengan gizi seimbang untuk jadwal santapan sahur dan berbuka puasa.

(Simak juga: Pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp200 jutaan, simak informasinya di sini!)

Bahan-bahan yang tahan lama boleh dipersiapkan mulai dari jauh hari, misalnya kurma, madu, dan kacang arab. Sementara itu, jika ingin membuat kue lebaran sendiri, buat jadwal mengatur waktu memanggang kue agar tak menyita waktu beribadah.

3. Membuat Dekorasi Khas Ramadan

Menghias rumah dengan dekorasi khas Ramadan juga bisa membuat Anda lebih bersemangat menyambut bulan penuh ampunan ini. Dan saat menghias rumah jangan lupa mengajak si kecil untuk membuat kerajinan tangan guna melatih kepekaan dan kreatifitasnya.

Ada banyak ide dekorasi sederhana yang bisa menjadi pajangan dinding. Misalnya membuat anyaman ketupat dari pita jepang, atau membuat bunting flag dan bunga kertas yang bertuliskan “Welcome Ramadhan”. Selain mempersegar interior, rumah Anda pun siap menjadi tuan rumah acara buka puasa bersama teman dan keluarga.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.