Sukses


Mau Bikin Kamar Tidur Lebih Nyaman? Gampang!

Berbicara soal kenyamanan, menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur bisa gampang-gampang susah.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur merupakan salah satu ruang penting dalam hunian. Selain merupakan area privasi penghuni, juga tempat untuk beristirahat. Karena itu, kamar tidur perlu dirancang senyaman mungkin.

Berbicara soal kenyamanan, menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur bisa gampang-gampang susah. Bahkan, memiliki kamar yang luas pun tak menjamin kenyamanan kamar tidur Anda.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menata ulang kamar tidur Anda. Sebab, kebanyakan orang sering melakukan beberapa kesalahan dalam menata kamar tidurnya. Agar tak mengulangi kesalahan yang sama, Anda harus mengetahui beberapa kesalahan dalam menata kamar tidur, seperti yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Terlalu banyak membeli furnitur

Hindari terlalu banyak membeli furnitur untuk mengisi kamar tidur. Hal ini untuk menghindari kamar terlihat sumpek dan pengap akibat terlalu penuh. Menumpuk furnitur dalam kamar juga mengundang banyak debu yang dapat mengganggu kesehatan.

Ada baiknya Anda membuat daftar barang yang harus dibeli terlebih dahulu sebelum mengisi kamar, misalnya drawer, lampu lantai, bean bag, dan sebagainya. Pilih perabot yang benar-benar dibutuhkan untuk berada di dalam kamar.

Pertimbangkan memilih perabot dengan desain atau warna yang Anda sukai dan sesuai dengan selera sebab kamar tidur merupakan ruang untuk Anda menghabiskan banyak waktu. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman di dalamnya.

Banyak memajang bantal atau boneka

Menempatkan banyak bantal dan boneka pada ranjang memang terlihat cute. Namun di sisi lain mengesankan ruang yang berantakan. Apalagi jika kamar Anda memiliki luas yang terbatas.

Solusinya, sortir beberapa bantal atau boneka kesayangan Anda yang ingin dipajang di tempat tidur. Sisanya simpan ke dalam lemari atau wadah tertutup.

(Simak juga: Ingin Kamar Nyaman? Simak 7 Hal Ini)

Kurang pencahayaan

Cahaya merupakan hal penting dalam sebuah ruang, apalagi jika ruang tersebut memiliki frekuensi aktivitas tinggi. Setidaknya sediakan dua sumber cahaya, yaitu cahaya utama dan cahaya tambahan.

Cahaya utama berupa lampu utama kamar, sedangkan cahaya tambahan dapat berupa lampu nakas, lampu lantai, atau lampu dinding. Akan semakin baik jika kamar Anda mendapatkan pencahayaan alami di siang hari sehingga kamar lebih sehat dan tidak pengap.

Warna dinding yang mencolok

Anda mungkin seorang yang eksentrik. Namun menyematkan warna dinding terlalu menyolok di luar kamar dapat menimbulkan suasana tidak nyaman. Kamar adalah tempat untuk beristirahat.

Saat beristirahat tubuh Anda akan lebih baik menerima sesuatu yang lebih lembut, menenangkan dan menyejukkan. Dengan begitu istirahat akan lebih maksimal.

Memasukkan Semua Barang Elektronik

Hindari memasukkan semua jenis elektronik seperti televisi, video game, ponsel, laptop, dan gawai lainnya ke dalam kamar. Terlalu banyak gadget di kamar akan menstimulasi otak yang membuat Anda sulit tidur. Padahal, kamar tidur adalah lokasi ideal untuk beristirahat.

Kamar yang terlalu penuh dengan barang bisa jadi indikasi Anda memang butuh rumah baru yang lebih luas? Tertarik meng-upgrade rumah? Simak pilihan rumah baru dengan harga mulai Rp1 miliaran di sini!

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini