Sukses


Menata Dapur Agar Aman Bagi Lansia

Mengajak orangtua atau kakek dan nenek yang sudah sangat lanjut usianya harus juga mempertimbangkan kondisi rumah, terutama dapur.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari Anda pasti ada yang mengajak orangtua atau mertua tinggal bersama di rumah mengingat usia mereka yang tak lagi muda. Kekhawatiran Anda jika mereka tinggal sendirian membuat Anda memilih tinggal tak jauh bahkan serumah dengan mereka.

Namun, mengajak orangtua atau kakek dan nenek yang sudah sangat lanjut usianya harus juga mempertimbangkan kondisi rumah, terutama dapur. Dikutip dari Rumah.com, begini kondisi dapur yang aman untuk lansia.

Penerangan yang cukup

Meski saat siang tak menggunakan lampu, Anda harus memastikan dapur memiliki penerangan yang cukup. Pasalnya area dapur cenderung menjadi lokasi yang paling berantakan di rumah.

Anda tak ingin, kan, mertua atau orangtua Anda salah meraih barang akibat kurang dapat melihat sekitarnya dengan jelas.

Selalu bersihkan lantai dapur

Setelah Anda memasak, atau setidaknya tiga kali seminggu, Anda harus membersihkan dapur, terutama lantai. Pastikan tak ada sisa tepung, bekas minyak, atau sisa makanan yang menempel di lantai yang akan menyebabkan lantai menjadi licin.

Pasalnya mayoritas lansia senang menggunakan sandal di dalam rumah, sehingga akan menjadi licin jika menyentuh sisa makanan atau lemak di lantai.

Gunakan timer untuk kompor

Jika lansia terbiasa menggunakan air hangat untuk mandi dan sering memasak air sendiri, gunakan timer untuk kompor Anda—karena mereka mudah lupa dengan apa yang sedang dikerjakan.

Selain itu, Anda juga harus menjauhkan benda tajam dari tempat-tempat yang sering dikunjunginya seperti meja makan di dapur.

Masukkan barang ke dalam lemari dapur

Jangan biarkan barang yang tak terpakai saat itu berserakan di meja dapur. Lalu jangan menyimpan hal yang tidak berurusan dengan dapur di dapur, misalnya Anda menyimpan tumpukan koran bekas—karena sering digunakan sebagai alas saat memotong buah.

Sebisa mungkin dapur harus tetap lapang untuk memudahkan mereka bergerak dan tidak tersandung.

(Simak juga: Tips Menjaga Keamanan Anak Saat di Dapur)

Siapkan makanan di meja makan

Untuk memudahkan mereka mengambil makanan, sebaiknya selalu sediakan makanan lansia di meja makan. Hal ini untuk memudahkan mereka tak lagi harus mencarinya di sekitar dapur.

Bedakan peralatan makan sesuai jenisnya

Gunakan peralatan makan melamin yang tak mudah pecah dan tak licin untuk lansia. Letakkan di rak yang mudah digapai dan dilihatnya.

Sementara jauhnya peralatan makan yang licin dan mudah pecah di rak lainnya. Anda pun harus menggunakan dispenser yang dilengkapi pengaman untuk tombol air panas.

Idealnya, Anda harus punya rumah yang lebih besar jika tinggal bersama mertua atau kakek-nenek. Ini agar masing-masing penghuninya punya ruang pribadi yang cukup. Sedang mencari rumah baru yang lebih besar? Simak pilihannya dengan harga mulai Rp1 miliar di sini!

Foto: hgtv

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini