Sukses


6 Ide Bikin Tangga Rumah Lebih Bergaya

Tampilan tangga yang menarik akan membuat siapapun yang melewatinya meninggalkan kesan lebih mengenai rumah.

Liputan6.com, Jakarta Tangga kini menjadi bagian hunian yang dapat melengkapi keseluruhan tampilan ruang. Karena itu, penting untuk memperhatikan tampilan tangga rumah.

Tampilan tangga yang menarik akan membuat siapapun yang melewatinya meninggalkan kesan lebih mengenai rumah atau bahkan diri Anda.

Banyak hal bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan tangga lebih menarik. Dikutip dari Rumah.com, berikut lima tips yang dapat Anda contoh.

Dinding Galeri

Ini merupakan cara paling mudah. Anda dapat menghias dinding di sepanjang tangga dengan beragam ornamen sehingga terlihat seperti dinding galeri. Anda dapat memajang foto berbingkai, atau hiasan dinding lain, seperti lukisan, piring-piring cenderamata dari mancanegara, artwork, kata-kata mutiara berbingkai, dan sebagainya.

Meski Anda tak langsung mendekorasi bagian tangga, tetapi ini akan menjadikan area tangga lebih menarik dan berkesan.

Sembari menapaki anak tangga, Anda bisa bernostalgia pada momen-momen seru di kehidupan Anda.

Cahaya

Untuk menarik perhatian orang, Anda dapat mendekorasi tangga dengan memberikan penerangan. Anda dapat menggunakan indirect lighting di sisi bawah tangga atau samping, dapat juga di bawah railing.

Selain itu, Anda dapat meletakan lampu dengan armarturnya di sisi kiri atau kanan di sepanjang anak tangga.

Selain membantu penglihatan, penggunaan lampu membuat tangga terkesan mewah.

(Simak juga: Ragam Desain Pegangan Tangga)

Jendela

Jika memungkinkan Anda dapat memberikan tambahan jendela yang langsung menghadap ke arah luar pada sisi dinding sepanjang anak tangga. Jendela dapat memberikan cahaya alami yang menyinari anak tangga.

Pemandangan ke luar juga akan memberikan kesan luas hunian Anda saat menaiki tangga tersebut.

Tips ini cocok diterapkan pada tangga yang menempel pada tembok luar.

Tanaman Hijau

Ini juga menjadi cara termudah untuk mendekorasi area tangga. Anda tinggal menyematkan tanaman pot di sepanjang anak tangga. Tanaman hijau akan memberikan kesan sejuk dan memberikan warna tersendiri pada tangga sehingga indah dipandang mata.

Tanaman juga dapat berfungsi sebagai pembatas jika tangga Anda tidak memiliki railing.

Tanaman bisa ditempatkan pada anak tangga berukuran minimal 90cm, agar tidak mengganggu pengguna.

Pilih Railing Berbeda

Jangan takut untuk memilih railing yang berbeda. Jika umumnya tangga rumah menggunakan railing kayu yang lurus, Anda bisa berinovasi menggunakan railing kaca, atau besi jaring, atau railing melengkung. Ini akan memberikan nuansa berbeda pada area tangga.

Railing unik bisa membuat tangga minimalis terlihat lebih cantik.

Lantai bermotif

Terakhir, untuk memunculkan kesan lebih terang dan berkarakter, Anda dapat mendekorasi tangga dengan ubin bermotif. Jika ingin lebih praktis Anda dapat menggunakan wallpaper bermotif.

Gunakan untuk menghias anak tangga, bisa seluruhnya atau hanya bagian depan anak tangga. Penggunaan ubin bermotif akan membut area tangga lebih berwarna.

Sedikit aksen bohemian sah-sah saja diterapkan di rumah minimalis.

Tangga, selain berfungsi sebagai akses dalam sebuah bangunan, juga berfungsi sebagai dekorasi. Desain tangga yang tepat bisa menambah keindahan rumah. Tertarik memiliki rumah baru dua lantai dengan harga Rp1 miliaran? Lihat pilihannya di sini!

Foto: Pinterest

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini